TESLA SI MOBIL SPORT FUTURISTIK CANTIK BERTENAGA BATERAI

Di benua Amerika dan Eropa siapa yang tidak kenal nama besar Tesla Motors, Inc. perusahaan otomotif asal Amerika Serikat (AS) sebagai pengembang dan pembuat mobil sport elektrik (mobil sport dengan tenaga baterai) yang berkantor pusat di San Carlos, California, AS. Di negara kita nama Tesla Motors kurang begitu terdengar bahkan mobilnya sendiri jarang kita lihat di jalanan ibu kota, padahal peran mobil ini sangat baik karena tidak memiliki gas buang.

Tesla Motor Founder
Marc-Tarpenntin-Martin-Ebernard pendiri Tesla Motors

Tesla Motors didirikan pada Juli 2003, oleh 2 orang insinyur–otomotif Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Sedikit tentang Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Ebenhard, dibesarkan di Kensington, California, dan menempuh studynya di University of Illinois di Urbana-Champaign, Ebenhard memperoleh gelar sarjana (1982) dalam teknik komputer dan gelar master (1984) di bidang teknik listrik. dan kemudian menduduki berbagai posisi, termasuk insinyur listrik di Wyse Technology, wakil presiden elektronik di Belfort Memory International, dan chief engineer di Network Computing Devices, yang di dirikannya.

Sedangkan Tarpenning dibesarkan di Sacramento, California, dan memperoleh gelar sarjana (1985) dalam ilmu komputer dari University of California, Berkeley. kemudian memulai karirnya dengan bekerja untuk konglomerat Textron di Arab Saudi. Tarpenning juga mengembangkan perangkat lunak dan firmware produk untuk beberapa perusahaan, termasuk Seagate Technology dan Bechtel, dan kemudian menjabat sebagai wakil presiden teknik di Packet Desain.

Dan orang berikutnya dibalik Tesla Motors adalah Elon Musk, pendiri sekaligus juga direktur utama Tesla Motors telah mengucurkan dana sebesar 7,5 juta dolar AS, pada April 2004 hal ini lah yang membuatnya duduk sebagai Direktur Utama. Sedikit sejarah tentang Musk pada tahun 1992, setelah belajar selama dua tahun di Queen’s University, Kingston, Ontario, Musk pindah ke Wharton School di University of Pennsylvania dan memperoleh gelar S1 dalam bidang ekonomi dan S1 kedua dalam bidang fisika. Ia pindah ke California untuk mengejar gelar Ph.D. dalam bidang fisika terapan di Stanford namun keluar setelah dua hari demi mengejar keingingannya untuk berwiraswasta di sektor Internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

N.TeslaNama Tesla sendiri diambil dari nama penemu, fisikawan, teknisi mekanika dan teknisi listrik Amerika Serikat yaitu Nikola Tesla sebagai penghargaan atas penemuanya. Nikola Tesla di lahirkan Smiljan, Kroasia, 10 Juli 1856, kemudian pada tahun 1891 menjadi warga negara Amerika Serikat selagi bekerja di negara tersebut dan sepat menajadi asisten Thomas Edison. Paten Tesla merupakan dasar dari daya listrik arus bolak-balik Alternating Current atau yang sering kita kenal AC.

Berkat Penemuannya lah abad ke-19 dan awal abad ke-20 mobil listrik sangat populer karena listrik pada masa itu masih sebagai penggerak utama dan tingkat kenyamanan dan pengoprasianya yang mudah dibandingkan mobil bermesin bensin pada masa itu.

Mobil seri pertama Tesla Motors adalah Roadstes diluncurkan pada Juli 2006 mobil sport dengan batrai ini dapat mencapai 221 mil (356 km) dalam sekali pengisian baterai. Tesla Roadster dapat menempuh 0-60 mil per jam (0-100 km/jam) waktu kurang dari 4 detik, maksimum 125 mil per jam (201 km/jam).
Mobil seri pertama Tesla Motors Roadstes adalah mobil sport dengan batrai ini dapat mencapai 221 mil (356 km) dalam sekali pengisian baterai. 

Tesla Roadster

Mobil seri pertama Tesla Motors adalah Roadstes diluncurkan pada Juli 2006 mobil sport dengan batrai ini dapat mencapai 221 mil (356 km) dalam sekali pengisian baterai. Tesla Roadster dapat menempuh 0-60 mil per jam (0-100 km/jam) waktu kurang dari 4 detik, maksimum 125 mil per jam (201 km/jam).

Pembatasan kecepatan pada 201 km/jam ini untuk mobil sport memang tidak standart, mobil sport rata – rata memiliki kecepantan 301 km/jam. Dengan teknologi ini Telsa Roadster memiliki ke istimewaan yang tidak dimiliki mobil – mobil sport lain, Roadster lebih ramah lingkungan dan hampir tidak ada suara bising yang di keluarkan dibandingkan mobil – mobil sport lain.

Roadster_interiorPada Dashboard Telsa Roadter, tidak hanya menampilkan kecepatan dan RPM tetapi juga menampilkan kapan mobil ini harus di charge dan indikator bila mobil ini sudah penuh di charge dan siap digunakan.

Pada tanggal 2 Mei 2008, lebih dari 600 unit telah dipasarkan dan 400 unit lainnya menyusul dipasarkan. Februari 2008 and produksi massalnya dimulai pada tanggal 17 Maret 2008.

News Feed