2 Juta Warga Irak Peringati Asyura

 

 

22.jpg

Sekitar 2 juta warga Irak berkumpul di Masjid Imam Husein di Karbala, Irak. Mereka memperingati tragedi Karbala atau terbunuhnya Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib.

clip_image001.jpg

 

Mereka juga mengadakan teater massal di tempat terbuka yang mengisahkan perjuangan Husein sebagaimana terlihat dalam gambar diatas. (Foto : AFP/ALI Yussef /(Foto : AFP/Mohammed Sawaf/detikcom)




Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Salam ‘alaykum.
    Apakah dalam teater massal memperingati tragedi Karbala di atas (di Irak & di Iran) dilakukan juga perbuatan menyayat/melukai tubuh diri sendiri bahkan anak2 kecil? Pernah ada buku kecil membeberkan “kebatilan” “Syiah” dgn menyertakan foto2 perilaku melukai tubuh hingga bergelimang darah. Di mana & kapankah itu terjadi? Masihkah ada perbuatan seperti itu hingga tahun ini di kalangan Syiah?

    Ada yg bertanya ke saya perihal perbuatan melukai tubuh seperti itu (tentu dgn pandangan ingin membuktikan sesatnya “Syiah”).
    Jawaban saya:
    a.) Perbuatan itu salah, ekstrim melampaui batas: karena itu berdosa besar.
    b.) Tidak ada riwayat dari kitab hadis Syiah yg memerintahkan ataupun menganjurkan perbuatan seperti itu.
    c.) Ulama Syiah Murtadho Muthohhari menulis bhw tradisi itu adalah karena masuknya pengaruh budaya sekelompok umat Kristen di utara wilayah Timur Tengah.
    d.) Pelaku perbuatan melukai diri adalah orang-orang yg lemah menjaga akal dalam memahami Agama. Ulama Syiah berusaha menghilangkan tradisi tsb secara bertahap karena pelarangan secara frontal akan menimbulkan pertikaian intrakaum Syiah.

    Mohon jawaban Pak Musin atas pertanyaan saya & mohon tanggapan/penilaiannya atas 4 butir jawaban saya kpd pihak lain soal perbuatan melukai diri sendiri. Sangat ditunggu jawabannya.
    Terima kasih & Salam ‘alaykum.

    ML: Jawaban anda benar. Perbuatan melukai diri haram. Segera terbit FATWA-FATWA II (Soal Jawab Seputar Fikih Non Ibadah Ayatullah Khamenei).

  2. Alhamdulillahi Rabbil-‘alamin. Membaca jawaban Pak Muhsin, mata saya berkaca-kaca & hampir meneteskan airmata bila tidak saya tahan. Saya baru saja menghadapi situasi bincang2 bermodel “penghakiman” yg cukup menguras konsentrasi pikiran saya.
    Pikiran saya sejak lama: foto2 perilaku melukai diri & anak kecil pada peringatan tragedi Karbala sangat sukses menimbulkan rasa jijik, memfokuskan pikiran orang utk memvonis Syiah itu sesat & bukan Islam, dan sekaligus membuat orang menolak utk mendengarkan/mengkaji argumen2 Syiah secara ilmiah.

    Mohon bantuan doa agar situasi silaturahim saya dgn keluarga terdekat dapat kembali baik, bahkan lebih baik lagi. Salam ‘alaykum.

News Feed