24 Jam Non-Stop, Pria Rekam Hidupnya di Video Blog

Ada-ada saja kelakuan para maniak Internet. Kali ini seorang pria muda bernama Justin Kan, mengekspos hidupnya di situs pribadinya. Bak selebritis, ia mengekspos semua kegiatannya selama 24 jam non-stop, termasuk aktifitasnya di kamar mandi. Wuih

Selama lebih dari seminggu, Kan dibantu empat orang temannya merekam semua aktifitasnya dalam video blog tanpa henti selama 24 jam, bahkan aktifitasnya di kamar mandi.

Tak hanya itu, Kan juga memajang nomor telepon pribadinya di situs tempat ia memajang rekamannya. Alasannya? Agar para penggemarnya dapat menghubunginya. Di situs tersebut juga terdapat ruang diskusi. Kan menyebut semua ini sebagai ‘lifecasting‘.

Saya selalu memiliki teori bahwa orang lain senang melihat aktifitas orang lain,” ujar Kan yang juga lulusan dari Universitas Yale saat diwawancara oleh Associated Press dan dikutip detikINET, Jumat (30/3/2007). Wawancara saat itu pun tak luput dari rekaman Kan.

Kegiatan yang dilakukan Kan ini mungkin tak ubahnya seperti yang ada dalam film “The Truman Show”. Kecuali rekaman saat ia tidur, Kan mengklaim video ini tak sepenuhnya tentang dirinya. Video tersebut juga menampilkan sponsor kegiatannya yaitu Zipcar, yang merupakan penyewaan mobil unik dan Bawls Guarana, minuman energi yang ia minum.

Salah satu ide yang mendasari saya untuk berbuat seperti ini adalah untuk memaksa diri saya sendiri pergi keluar dan bersosialisasi serta berbincang dengan orang lain,” ungkap Kan.

Proyek terdahulu Kan adalah situs kalender bernama Kiko. Saat menjalankan usaha tersebut, ia dan beberapa temannya jarang bersosialisasi dan hanya duduk di dalam apartemen gelap sambil mengerjakan kode-kode program komputer.

Kan meyakini, ia memiliki kesempatan istimewa untuk menyiarkan kehidupan yang terbuka. Dan semua pengalaman ini diakuinya membawa dampak positif. Pasalnya, orang akan sulit berbohong di belakang orang lain ketika setiap orang juga melihat aksi kebohongan tersebut.

Selain itu, Kan juga beranggapan, videonya merefleksikan gambaran perubahan kebudayaan yang sedang terjadi dalam generasinya yang terlalu banyak berada di depan MySpace dan YouTube.

Apa agenda selanjutnya yang akan direkam oleh Kan? Berkencan. “Sebenarnya, saya ingin pergi mengencani gadis-gadis,” ujar Kan.

Maksud saya, seorang wanita yang bersedia untuk selalu direkam,” imbuhnya lagi. (detiknet/ Jumat, 30/03/2007).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed