AGAMAWAN PALSU

Kok dipanggil ustad? Spesialisasinya bidang apa? Zikir bareng? Siapa saja yang bisa berzikir bisa mimpin zikir. Zikir sendirian lebih khusyu’.
Tugas agamawan adalah memproduksi gagasan-gagasan logis dan solutif yang tersarikan dari teks suci,bukan cuma ngajak zikir, menganjurkan dan melarang.
Kalau agamawan cuma mengulang pikiran-pikiran agamawan terdahulu tanpa menambah wawasan yang membuatnya mampu memberikan perspektif lain, umat bosan.
Agamawan yang hanya bisa ngaji dan tidak mengikuti dinamika/semangat zaman, hanya menjadi juru baca dan pelantun doa, bukan ulama (ilmuwan agama).
Agamawan yang malas belajar karena merasa puas dakwah “tatap muka” akan terlihat gagap saat memasuki arena dakwah interaktif dan virtual.
Agamawan yang malas belajar karena merasa puas dengan dakwah “tatap muka” akan terlihat gagap saat memasuki arena dakwah interaktif dan virtual.
Ulama yang akan bertahan di era modern adalah yang memberikan gagasan-gagasan logis sebagai software bahkan OS kepada umat, bukan cuma data-data teks yang diulang.
Orang yang menghadapi rumahtangga memerlukan ulama utk memberikan gagasan aplikatif dan relevan, bukan cuma anjuran sabar dan berdoa.
Agamawan tak perlu dipuja karena lamanya belajar agama, tapi diperlakukan proporsional sesuai kontribusinya positif, bukan kesan kehebohan semata.
Agamawan tak perlu dipuja karena buyut ulama ternama, tapi diperlakukan proporsional sesuai kontribusi positifnya, bukan kesan kehebohan semata.
Memberikan software akan memandirikan umat sehingga tidak menjadi pasien yang bergantung kepada agamawan yang mencicil resep dan menyembunyikan merek.
Sbagian agamawan bukan hanya tidak menyelesaikan masalah umat, tapi jadi sumber masalah, apalagi bila pandangannya dituangkan dlm fatwa anti rakyat
Agamawan seyogyanya mencerahkan umat dengan agama tapi sebagian terlihat sebagai makelar investasi palsu, gila hormat, koruptor dan penyebar kebencian.
Agamawan seyogyanya mencerahkan umat dengan agama tapi sebagian terlihat sebagai makelar investasi palsu, gila hormat, koruptor dan penyebar kebencian.
Orang yang menghadapi problem rumahtangga memerlukan ulama utk memberikan gagasan aplikatif dan relevan, bukan cuma anjuran sabar dan berdoa.
Agamawan yang menganjurkan pengabaian akal sehat adalah pebisnis alias agamawang.
Agamawan yang menganjurkan kebencian dan menyebarkan fitnah terhadap kelompok Muslim lain adalah orang bodoh ttg agama alias agamawam.
Terlalu banyak yang menganjurkan kebaikan dan melarang keburukan. Terlalu banyak yang tidak memahami bahwa toleransi adalah kebaikan.
Tak beragama, tak berakal. Tak berakal, tak beragama. Agama tanpa adalah absurd. Akal tanpa agama adalah nihil.
Agamawan sejati memberikan software akan memandirikan umat dalam beragama, bukan menjadikan umat sebagai pasien dengan mencicil resep dan mencoret merek
Agamawan sejati memberikan program yang memandirikan umat dalam beragama, bukan menjadikan umat sebagai klien yang dijejali dengan data-data tidak aplikatif.
Amal saleh (prbuatan baik) adalah buah iman. Iman adalah buah pikiran yang benar. Pikiran yang benar adalah buah akal sehat.Agama adalah akal sehat
Agamawan yang merasa perlu bikin panggung dan even kebencian hanya utk mengkafirkan dan menyesatkan adalah penyebar agama benci alias agamawar.
Rasionalitas tidak identik dengan kepiawaian retorika yang elitis dan teori-teori njelimet. Spiritualitas tidak identik dengan pawai zikir yang memacetkan jalan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed