Ahmadinejad: Iran dan Indonesia, Pelabuhan Utama Perdamaian Dunia

 

sby_ahmadinejad.jpg

Presiden SBY mendapat sambutan kenegaraan dari Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, di Teheran, Selasa (11/3/2008).

Dalam acara penyambutan resmi tersebut, kedua pemimpin negara berada di tempat kehormatan dan setelah pengumandangan lagu kebangsaan Iran dan Indonesia, kedua pemimpin berjalan berdampingan dan memeriksa barisan pasukan kehormatan.

salah satu agenda pembicaraan kedua Kepala Negara itu adalah pembahasan seputar Resolusi DK PBB Nomor 1803 soal sanksi berat Iran.

 

sby-man.jpg

 

Mahmoud Ahmadinejad menyebut Iran dan Indonesia sebagai dua negara yang berperan sebagai pelabuhan utama bagi tegaknya perdamaian di dunia.

Pernyataan itu disampaikan Ahmadinejad dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di Tehran hari ini. Ahmadinejad mengatakan, perluasan kerjasama Tehran-Jakarta menguntungkan dunia Islam dan dunia internasional. Menurutnya, Iran dan Indonesia tidak mengenal batas dalam meningkatkan hubungan dan kerjasama. Ahmadinejad menegaskan bahwa Iran siap menyalurkan pengalamannya di berbagai bidang termasuk di bidang teknologi nuklir sipil, teknologi nano dan ekonomi.

Pada kesempatan itu Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan persamaan antara Iran dan Indonesia seraya mengatakan, “Kerjasama Republik Islam Iran dan Indonesia menguntungkan dunia Islam dan kemanusiaan.”

Indonesia dan Iran hari ini menandatangani lima nota kesepahaman di berbagai bidang di Tehran. Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad setelah penandatangan nota kesepahaman tersebut kepada para wartawan menyebut kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Iran sebagai lawatan bersejarah yang bisa menjadi lonjakan besar dalam peningkatan hubungan bilateral.

Ahmadinejad mengatakan bahwa hubungan Iran dan Indonesia semakin meningkat dan luas, dan kedua negara memiliki banyak kesamaan pandangan dalam berbagai masalah regional dan internasional. Dikatakannya bahwa Iran dan Indonesia memiliki pandangan yang sama menyangkut isu Timur Tengah, Palestina, Afganistan dan Irak.

Presiden Iran menambahkan, Tehran dan Jakarta sama-sama menekankan persatuan dan solidaritas bangsa-bangsa di kawasan, penghormatan atas kedaulatan setiap negara, dan penolakan intervensi asing. Kedua negara juga mengimbau untuk mengerahkan semua potensi dan sarana demi mengakhiri pendudukan dan pembunuhan warga sipil yang tak berdosa. Di bagian lain pernyataannya, Presiden Ahmadinejad memuji sikap Indonesia menyangkut isu nuklir Iran yang bertujuan damai.

Sementara itu, menurut rencana, SBY, Presiden Indonesia akan bertemu pula dengan Pemimpin Spiritual Ayatullah Udhma Sayid Ali Khamenei, hari ini jam lima sore, waktu Tehran. (irib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

  1. Wow…Yang Satu Berdasi dan Elegan…Yang Satu bersahaja…Kombinasi yang Mantap….InsyaAllah Cita2 dan Niat nya sama….Untuk QURBATAN ILALLAH dan Kepentingan DUNIA ISLAM dan PERDAMAIAN DUNIA. MAJU TERUS MY PRESIDENTS….DOA dan DUKUNGAN kami atas anda, Mr. President…..

    Semoga Ayatullah Al Uzhma Sayyid Ali Khamenei memohonkan kepada ALLAH Azza Wa Jalla untuk KEKUATAN,KETABAHAN,KESABARAN dan ISTIQHOMAH atas My President

  2. Dari photo yang ada tampak yah mana yang sudah sadar sebagai pelayan masyarakat dan belum semoga setelah kunjungan ini para pengabdi masyarakat kita bisa mengambil contoh telandan dari para pengabdi masyarakat di Republik Islam Iran dan lebih memperkokoh hub ukuwah nya Ilahi AMIIIEN

  3. Kemarin saya menghubungi ustadz karena saya mendadak mendapatkan telpon dari radio belanda. Mereka ingin mewawancarai saya yang katanya sebagai orang syi’ah dalam menyikapi kunjungan sby ke Iran. Saya memberikan mereka nomor ICC untuk mewawancarai ust. Irman Abdurrahman.

    ML: Syukrlah, Irman adalah orang yang tepat.

  4. salam to all ‘
    actually i’m not quite sure that this website is related to what or what u ra discussing about! i’ve just found the link in a google search. as i have many new indonasian friends converted to islam i seriously need the translation of prayer(salat) in indonasian language.
    i’ll be happy if u can help me whithin any how…
    tnx & regards …..
    salam to Ahmadi nejad and to your peresident 😀 ……..

  5. Semoga Persahabatan diantara dua negara muslim semakin kuat dan Indonesia belajar kepada Iran tentang Kemandirian Ekonomi serta Pertahanan juga alih tekhnologi.

News Feed