AKAL SEHAT ANTARA CINGKRANG DAN KOMPRANG

AKAL SEHAT ANTARA CINGKRANG DAN KOMPRANG

Hadis yang dianggap sahih adalah sahih menurut standar periwayatan kelompok anda dan tidak mesti sahih bagi kelompok lain.

Kalau anjuran bercingkrang diberlakukan atas wanita, bisa heboh.

Tak menganggap hadis yang anda anggap sahih -menurut kelompok anda- tak bisa dijadikan alasan menuduhnya menolak hadis Nabi.

Justru karena berbeda dalam penafsiran al-Quran dan dalam identifikasi riwayat serta kriteria perawi, muncullah aneka kelompok

Yang kebelet menyesatkan mazhab lain berdasarkan hadis yang dianggap sahih oleh mazhabnya tak mengerti dirayah & musthalahulhadits

Kalau mazhab anda bukan wahyu dan pendirinya bukan nabi, tak perlu menyesatkan orang yang berbeda mazhab dan metode periwayatan.

Anjuran cingkrangisasi adalah konsekuensi dari penetapan mazhab tertentu atas sebuah kitab hadis yang dianggap sahih sepenuhnya.

Kalau harus diterima, boleh jadi, pelarangan “isbal” bersifat moral, bukan yurisprudensial (fikih) sebagai perlawanan (dalam situasi tertentu) terhadap gaya hidup glamour para pemuka Mekah yang gemar berbusana panjang hingga menyapu tanah dan mengepulkan debu.

Larangan isbal yang didasarkan pada riwayat yang dianggap hadis shahih oleh sebagian orang bisa ditafsirkan sebagai larangan berbusana secara berlebihan hingga menyapu tanah dan mengepulkan debu.

Jenggot diciptakan untuk tumbuh. Tidak ada masalah dengan jenggot. Yang perlu diperhatikan adalah kerapiannya.

Larangan memelihara jenggot hanya berlaku atas perempuan. Larangan isbal hanya berlaku atas laki.

Tidak ada masalah dengan jilbab wajah. Itu hak individu. Yang jadi masalah adalah pudarnya identitas personal karena tak bisa dikenali. Ini bisa menciptakan kekacuan sosial dan bencana kecelakaan.

Disebut “muka” atau “wajah” (“al-wajh” dalam bahasa Arab) karena di situ ada mata yang menjadi ciri khas dan identitas personal.

Secara primer, pada dasarnya memakai celana cingkrang, memelihara jenggot dan memakai burkah (jilbab wajah) tak mengganggu orang lain.

Merapikan rambut juga bulu adalah keharusan etik dan estetik.

Silakan membiarkan jenggot tumbuh. Jangan lupa menyiapkan anggaran untuk beli shampo, parfum, gunting dan sisir.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed