AS Geram pada Elbaradei

Gedung Putih masih terbakar amarah lantaran laporan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tentang program nuklir Iran yang bertujuan damai.

Juru Bicara Gedung Putih Dana Perino mengecam pemberitaan media massa di Amerika Serikat (AS) yang memberitakan secara faktual isi laporan Dirjen IAEA Mohammad ElBaredei. Juru bicara Gedung Putih lainnya, Tom Casey secara terbuka menyerang koran New York Times dan Washington Post yang memuat secara lengkap laporan ElBaradei yang menyebut program nuklir Iran murni bertujuan damai, dan diakui bahwa Tehran selama ini bersikap jujur.

New York Times hari Selasa lalu memuat wawancara Wakil Iran di PBB Mohammad Khazaei secara lengkap. Dalam wawancara tersebut, Khazaei menyoal sikap AS yang diskriminatif terhadap laporan ElBaredei. Sementara itu, Washington Post, mengkritik sikap pemerintah Bush yang pada tahun 2006 lalu menolak usulan Eropa untuk membuka pintu dialog dengan Iran. Namun kini dalam posisi yang lemah, Bush yang didera kritikan deras dari berbagai arah menerima prakarsa itu.

Jumat lalu, Dirjen IAEA Mohammad ElBaredei dalam laporannya menyebut tuntas seluruh berkas masalah nuklir Iran. Akibat laporan tersebut, AS dan negara-negara sekutunya di Barat tengah berusaha untuk menyingkirkan ElBaredei dari jabatannya sebagai Sekjen IAEA. Demikian koran al-Muhit edisi online melaporkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

News Feed