BE HAPPY

Yang umum dipahami oleh sebanyak orang dari kata hormon terasosiasi kepada libido. Padahal ia adalah senyawa kimia tubuh yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh.

Ada bermacam hormon dalam tubuh manusia. Bermacam Hormon melakukan perjalanan melalui aliran darah, serta bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan dalam banyak proses tubuh.

Salah satu fungsi penting dari hormon adalah mengatur suasana hati. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh telah dikenal membantu meningkatkan perasaan positif.

Salah satu yang penting adalah hormon kebahagiaan dan kesenangan. Inilah yang membuat manusia bisa bertahan bugar meski di tengah kesulitan ekonom, problema rumahtangga dan ancaman pandemi.

Hormon kebahagiaan meliputi:

1. Dopamin
Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter (senyawa otak) yang berkaitan dengan penghargaan diri, seperti motivasi. Hormon ini turut memainkan peran terhadap suasana hati sehingga termasuk sebagai hormon kebahagiaan.
Selain memengaruhi kesenangan diri, dopamin juga berkontribusi dalam penalaran, daya ingat, serta fungsi sistem motorik.

2. Endorfin
Endorfin dikenal sebagai pereda nyeri, dan sebenarnya sudah terkandung secara alami di dalam tubuh. Tergolong sebagai hormon kebahagiaan, endorfin berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan.
Selain itu, endorfin juga membantu meningkatkan harga diri (self-esteem), mengurangi berat badan, dan mengurangi sakit saat persalinan.

3. Oksitosin
Oksitosin adalah hormon cinta, karena muncul saat Anda jatuh cinta dan memadu cinta. Di samping berperan dalam hubungan romantis dan seks, oksitosin juga membantu proses persalinan, proses menyusui, serta penguatan ikatan batin antara ibu dan anak.

4. Serotonin
Serotonin mirip dengan dopamin, yang merupakan hormon sekaligus neurotransmitter dalam mengatur suasana hati. Selain perihal mood, serotonin juga berperan dalam siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan bernalar, dan daya ingat.

Kesehatan manusia ditentukan oleh stabilitas hormon-hormon tersebut. Mari lakukan imunisasi internal dengan memproduksi hormon kebahgiaan.

Mungkin produksi hormon bisa dilakukan dengan langkah-langkah praktis sebagai berikut :

  1. Jangan memikirkan hal-hal yang bukan tanggungjawab anda.
  2. Jangan memikirkan hal-hal yang telah berlalu.
  3. Jangan memikirkan hal-hal yang bila diselesaikan menimbulkan masalah baru.
  4. Jangan memikirkan hal-hal yang tak penting.
  5. Jangan memkirkan hal-hal yang membuat anda cemas.
  6. Jangan berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal atau tak pasti berguna.
  7. Jangan menanggapi hal-hal remeh atau tak diketahui secara pasti.
  8. Jangan berusaha menjadi penolong bila sedang lemah.

Bersambung…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed