Boikot Produk AS di Ceko

Pegiat Ceko yang menentang pangkalan radar AS yang direncanakan di tanah Ceko berusaha memboikot produk buatan perusahaan AS, demikian laporan hariah Hospodarske Noviny (HN), Jumat.

“Kami telah memilih perusahaan yang mendanai pemerintah AS. Ketika perusahaan tersebut mulai merasakan kerugian, mereka nanti harus berbuat sesuatu,” kata Jan Bednar, salah seorang aktivis terkemuka dari kelompok “No to Bases”, yang baru-baru ini melakukan aksi mogok makan bersama rekannya.

Selain itu, penentang radar tersebut juga berencana memboikot produk yang dari dulu mereka anggap buatan Ceko, seperti rokok Sparta dan Start, karena produser perusahaan itu adalah perusahaan Philip Morris, dan biskuit Siesta, buatan U.S. Kraft Foods, kata HN.

Logo semua produk yang dilarang itu telah disiarkan di laman Internet anti-radar.

Para penentang radar berharap tindakan mereka akan mengganggu pemerintah AS dan, dalam kasus tertentu, membuat perusahaan membujuk Presiden AS George W. Bush agar menghentikan proyek pangkalan radar itu.

Amerika Serikat ingin membuat pangkalan radar di wilayah militer Brdy, 90 kilometer di sebelah barat-daya Praha, dan satu pangkalan dengan 10 rudal pencegat di Polandia dalam kerangka program perisai rudalnya.

Sebanyak dua-pertiga warga Ceko tak setuju dengan proyek tersebut, demikian jajak pendapat yang diselenggarakan oleh badan angket CVVM pada Juli.(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. mestinya Indonesia juga memboikot produk amerika apa aja tanpa ada alasan klu begitu hebat kali yah ustad negara kita ini

News Feed