Bola Api “Uang Suap” Mulai Menggelinding ke Kabinet

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Paskah Suzetta menerima uang sebesar Rop1 miliar yang berasal dari Bank Indonesia (BI) ketika menjabat Pimpinan Komisi IX DPR RI, kata tersangka dugaan penyalahgunaan dana BI sebesar Rp100 miliar, Hamka Yandhu.


“Pak Paskah menerima kira-kira Rp1 miliar,” kata Hamka ketika bersaksi di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor,) Jakarta, Senin, dengan terdakwa Oey Hoey Tiong dan Rusli Simanjuntak.


Hamka menegaskan, dirinya sendiri yang menyerahkan uang tersebut kepada Paskah pada tahun 2003. Uang itu diserahkan secara bertahap.


Selain Paskah, Hamka membeberkan beberapa Pimpinan Komisi IX lainnya yang menerima aliran dana BI tersebut.


Mereka adalah Emir Moeis dari PDIP (menerima Rp300 juta), Ali Masykur Musa (PKB, Rp300 juta) dan Faisal B (Hamka tidak mengetahui jumlah yang diserahkan kepada Faisal karena yang menyerahkan adalah Anthony Zedra Abidin).


Kasus BI bermula ketika Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 2003 yang mengeluarkan persetujuan penggunakan dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) sebesar Rp100 miliar.


Berdasarkan laporan BPK uang itu diduga mengalir ke sejumlah anggota DPR dan mantan pejabat BI.


Dalam kasus ini KPK telah menetapkan lima orang tersangka yaitu mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah, mantan Deputy Direktur Hukum BI Oey Hoey Tiong, mantan Kepala Biro Gubernur BI Rusli Simanjuntak, mantan anggota DPR Anthony Zedra Abidiin dan anggota DPR Yamka Yandhu. (antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

  1. Kalo kata Gus Dur di senayan itu bukan wakil rakyat tapi Taman Kanak-kanak segalanya ‘harus’ dilayani, mau bikin undang-undang tidurnya di hotel ditemani model, mau kerja harus ‘disuapin’ dulu baru kerjanya lancar
    periksa kesehatan keluar negri yang diajak Istri, anak, keponakan, mantu, cucu, sanak saudara handai toulan, semuanya halal demi sesuap nasi+emas berlian+istri tua+istri muda+istri simpanan+mobil mewah+rumah megah. Asyiknya lagi hari tuanya bikin yayasan dan majelis taklim untuk ‘mencuci dosa’. Mantap. “Kecil senang-Muda terkenal-Tua kaya raya-mati masuk surga (Maunya seeehhhh)”

  2. Indonesia negara yang kaya meski sudah di maling berkali-kali Uangnya nggak abis-abis….Indonesia memang sejak dulu kala 😀

  3. “INDONESIA PUSAKA”

    Indonesia tanah air beta…
    Pusaka abadi nan jaya..
    Indonesia sejak dulu kala…
    Sudah di rusak anak bangsa…

    Disana tempat lahir beta…
    Dibuai dibesarkan bunda…

    Bundanya bingung bapak kemana..
    Bapak di gugat anak bangsa…

News Feed