Buka Toilet Via SMS

Departemen Pekerjaan Umum di Finlandia mulai mengunci toilet-toilet umum yang terletak di pinggir-pinggir jalan demi keamanan. Untuk membukanya bisa melalui sebuah sms.

Penguncian ini dilakukan untuk mengantisipasi pencurian dan penyalahgunaan toilet umum. Pihak DPU pun akhirnya mengambil solusi tanpa harus mengurangi akses publik untuk memasuki toilet.

Dilansir melalui AFP, Senin (11/2/2008), Sistem ‘kunci toilet’ ini baru diperkenalkan pemerintah Finlandia beberapa waktu lalu dan baru mencakup toilet yang terletak di sepanjang jalan Paimio, Salo dan Turku.

Toilet yang dilengkapi dengan pengaman canggih ini dilengkapi dengan panduan. Untuk memasukinya, pengguna hanya bisa mengirimkan sebuah pesan singkat ‘buka’ (dalam bahasa Finlandia) dan mengirimkannya ke sebuah nomor pendek yang tertera. Pesan tersebut akan terkirim seiring dengan terbukanya pintu toilet secara otomatis.

Perusahaan yang menangani sistem ini akan menyimpan nomor-nomor yang masuk sehingga jika terjadi kehilangan maka pihak berwenang dapat melacak pencurinya.

Hebatnya, biaya pengiriman SMS toilet ini dikenakan secara wajar, bukan tarif premium.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed