Chavez: Iran, Venezuela, Rusia dan Suriah Kekuatan Baru Dunia

Hugo Chavez, Presiden Venezuela saat bertemu dengan Dmitry Medvedev, Presiden Rusia di Moskow mengatakan, Iran, Venezuela, Rusia dan Suriah merupakan kekuatan baru internasional yang akan membangung sistem dunia baru.

Sebagaimana dilansir IRNA, Chavez dalam pertemuan hari Kamis (10/9) menambahkan, pondasi sistem satu kutub telah hancur dan negara-negara seperti Iran, Venezuela, Rusia dan Suriah akan membangun sistem dunia baru.

Sementara Medvedev dalam pertemuan ini menyinggung lawatan tahun lalunya ke sejumlah negara Amerika Latin dan mengatakan, di tahun-tahun terakhir hubungan Rusia dan negara-negara Amerika Latin, khususnya Venezuela menjadi sangat penting.

Dalam lawatan Hugo Chavez, Presiden Venezuela ke Rusia telah ditandatangani sejumlah nota kesempatan bilateral di bidang minyak dan gas, lingkungan hidup dan hukum. Dalam lawatannya ini Chavez juga dijawadwalkan bertemu dengan Vladimir Putin, Perdana Menteri Rusia.

Sumber-sumber berita Rusia mengumumkan, Presiden Venezuela melawat Rusia guna membeli persenjataan militer seperti 100 tank seharga 500 juta dolar dan Venezuela juga menyatakan keinginannya membeli pesawat-pesawat tempur Rusia, senjata pertahanan dan kapal selam Rusia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed