Chavez Sanjung Pelempar Sepatu ke Bush

Presiden Venezuela Hugo Chavez yang anti-AS, Senin (15/12), menyanjung wartawan Irak yang melemparkan sepatunya ke Presiden AS George W Bush sebagai pria berani.

Chavez, yang selama bertahun-tahun juga melontarkan penghinaan terhadap presiden AS, mengatakan, ia tersenyum lebar selama pemutaran gambar mengenai peristiwa tersebut selama pertemuan kabinet yang ditayangkan stasiun televisi Venezuela.

“Untung (sepatu) itu tidak mengenai dia. Saya tidak mendorong orang melempar sepatu ke siapa pun, tapi sungguh, betapa berani pelempar sepatu itu,” katanya.

Wartawan Irak Muntazer Al-Zaidi melemparkan kedua sepatunya ke Bush dan menyebut dia “anjing” selama konferensi pers di Baghdad pada Minggu. Ulahnya itu membuat Zaidi langsung terkenal di seluruh dunia dan mendapat dukungan luas di Timur Tengah.

Chavez adalah pengkritik perang AS melawan teror di Irak dan Afghanistan dan sering kali menyebut Bush “Keledai”, “Pemabuk”, atau “Bapak Bahaya”.

Ia paling terkenal menyebut Bush “Iblis”, selama pidato di markas PBB di New York, sambil mengendus udara dan mengatakan masih tercium bau belerang setelah Bush meninggalkan podium.

Selama 10 tahun memangku jabatan, Chavez getol menggalang dukungan banyak negara, termasuk Iran, Kuba, dan Rusia guna membuat lemah pengaruh Washington di pentas dunia.

Stasiun televisi Venezuela pada hari Senin dilaporkan menayangkan kembali cuplikan peristiwa pelemparan sepatu itu.(kompas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

  1. MENURUTKU BUSH SEHARUSNYA DISERET KE PANGADILAN INTERNASIONAL, UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN RIBUAN WARGA SIPIL IRAK DAN AFGANISTAN YANG TEWAS SELAMA ADA TENTARA AS DI SANA.

    DIA PIKIR IRAK DAN AFGANISTAN ITU NEGARA JAJAHANNYA!

    DASAR PENJAJAH BERKEDOK DEMOKRASI

  2. wajarlah… musuh besarnya gitu ^_^
    btw bush selama masih menjadi presiden AS dia masih kebal hukum
    apalagi PBB itu dibawah AS dkk selaku anggota DKPBB yang punya ‘cambuk’ Veto

News Feed