Skip to main content

Diusir dari Pesawat karena Berdoa

By April 18, 20082 Comments

Seorang penumpang diusir dari pesawat saat akan lepas landas. Gara-garanya, pria itu meninggalkan tempat duduknya untuk berdoa di bagian belakang pesawat. Para pramugari telah menyuruh pria itu untuk kembali ke kursinya. Namun pria yang sedang berdoa itu tidak mengindahkan perintah tersebut.

Kejadian ini terjadi di atas pesawat penumpang AS, United Airlines yang akan lepas landas di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, AS pada Rabu, 16 April waktu setempat.

Penumpang yang disuruh turun dari pesawat tersebut adalah seorang pria Yahudi Ortodoks. Pria berjanggut lebat itu mengenakan topi hitam dan mantel panjang berwarna hitam. Saat akan lepas landas, pria itu berdiri di dekat toilet pesawat dan mulutnya berkomat-kamit mengucapkan doa.

Demikian diungkapkan seorang penumpang lain dalam pesawat tersebut, Ori Brafman seperti dilansir Brisbane Times, Jumat (18/4/2008).

Ketika beberapa pramugari menyuruhnya kembali ke kursinya, pria itu tak memperdulikannya. Dia terus saja berdoa. Dua temannya yang sedang duduk, mencoba memberitahu pramugari bahwa pria itu tidak bisa berhenti sebelum doanya selesai dalam sekitar 2 menit.

“Dia tidak merespons mereka, tapi teman-temannya menjelaskan bahwa begitu kita mulai berdoa, kita tak bisa menghentikannya,” kata Brafman.

Ketika akhirnya pria yang tak disebutkan namanya itu selesai berdoa, dia mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud mengabaikan perintah pramugari. Dijelaskannya bahwa dirinya tak bisa menghentikan begitu saja ritual agamanya.

Namun para awak pesawat kemudian memanggil seorang petugas keamanan bandara untuk membawa pria itu turun dari pesawat. Akhirnya, pesawat bernomor penerbangan Flight 9 menuju San Francisco, AS itu lepas landas tanpa pria tadi.

Robin Urbanski, juru bicara maskapai United Airlines membenarkan bahwa pria itu telah dibawa turun dari pesawat. Dia diikutkan ke penerbangan berikutnya pada Kamis, 17 April pagi waktu setempat.

Dijelaskan Urbanski, pesawat tak bisa berangkat jika semua penumpang belum duduk di kursi mereka. Juga penting bagi para penumpang untuk mendengarkan instruksi kru pesawat. (detikcom)