Skip to main content

Cinta adalah gerak menyempurna secara vertikal dan secara horisontal.

Gerak menyempurna secara vertikal adalah menaikkan eksistensi ke level yang lebih tinggi. Gerak menyempurna secara horisontal adalah melebarkan esensi ke area yang lebih luas.

Cinta vertikal adalah gerak menyempurna dengan kepatuhan kepada yang tak setara dan tak membutuhkan.

Cinta horisontal adalah gerak menyempurna dengan kesetiaan mutual antar dua pihak yang saling membutuhkan (timbal balik) dalam kontrak penikahan (rumah tangga), perusahaan, organisasi, pemerintahan (negara) dan sebagainya.

Cinta vertikal esensial adalah gerak menyempurna dengan kepatuhan kepada Tuhan semata.

Cinta vertikal aksidental primer adalah gerak menyempurna dengan kepatuhan kepada Tuhan semata melalui kepatuhan kepada Nabi termulia dengan otorisasi dan obiligasi serta privilege kesucian sebagai konsekuensi fungsinya.

Cinta vertikal aksidental sekunder tak bersyarat (total) adalah gerak menyempurna dengan kepatuhan kepada Nabi termulia melalui kepatuhan kepada manusia-manusia suci.

Cinta vertikal aksidental sekunder bersyarat adalah gerak menyempurna dengan kepatuhan kepada manusia suci terakhir melalui kepatuhan berjangka dan bersyarat kepada manusia adil pemagang kewenangan atas umat.

Cinta vertikal adalah kepatuhan kepada Nabi melalui cinta vertikal kepada Ali dan Fatimah. Cinta vertikal kepada Ali dan Fatimah adalah kepatuhan.

Cinta horisontal tanpa kesetiaan adalah percuma. Cinta vertikal tanpa kepatuhan adalah dusta.