Skip to main content

Gawat! SBY Diduga Terima Aliran Dana Illegal Logging

By December 9, 20114 Comments

Alotnya pemberantasan praktek illegal logging disinyalir karena adanya dugaan aliran dana dari bebagai perusahaan kayu di Indonesia yang mengalir ke kantong capres saat pilpres 2004 lalu. Diduga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) termasuk capres yang menerima aliran dana tersebut.

“Ya memang ada, semuanya menerima, termasuk Pak SBY,” ujar Direktur Sekretariat Pelestarian Hutan Indonesia, Indro Cahyono usai acara diskusi Sabtu, di Marios Place, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2007).

Lebih lanjut Indro mengatakan, political will dari Presiden mengenai pemberantasan illegal logging menjadi tersendat akibat adanya dugaan aliran dana tersebut kepada para capres.

Bahkan Indro pun mengaku, bahwa dirinya pernah ditunjuk oleh sebuah perusahaan kayu untuk menyalurkan dana kampanye kepada salah satu capres, namun Indro enggan menyebutkan siapa orangnya.

Menurut Indro tersendatnya pemberantasan illegal logging di daerah juga tersendat karena aliran dana darai perusahaan- perusahaan kayu juga mengalir untuk calon kepala daerah.

“Untuk pilkada pasti mereka (perusahaan) menyumbang, terutama di Riau dan Sumatera Utara,” tandasnya. (Okezone, Sabtu, 10/11/2007)