George Galloway: Proletar dari Inggris

george1.jpg

George Galloway (lahir 16 Agustus 1954 di Dundee) adalah seorang politikus Skotlandia yang juga merangkap sebagai penulis dan pembawa acara yang terkenal dengan pandangannya yang “kiri” dan konfrontatif. Dia telah menjadi anggota parlemen sejak tahun 1987 dan sekarang mewakili konstituen “Respect for Bethnal Green and Bow”. Sebelumnya ia adalah MP dari Partai Buruh untuk Glasgow Hillhead dan Glasgow Kelvin.

Galloway paling dikenal dengan kampanyenya menghentikan sanksi ekonomi atas Irak pada decade 1990-an dan awal 2000, serta upaya penghentian invasi 2003. Dia mengunjungi Irak tahun 1994 dan 2002. Sebuah bagian dari pidatonya dihadapan rakyat Irak yang juga dihadiri Saddam, ia berkata “Tuan, saya menyampaikan hormat saya atas keberanian, kegigihan dan kekuatan Anda”. Galloway kemudian selalu bersikeras bahwa yang ia maksud adalah rakyat Irak dan bukan selainnya. Pada kunjungan 2002, bersamaan dengan isu kencang “senjata pemusnah massal”, ia berkata “Kami berketetapan dengan segala cara agar avonturir ini bisa dihentikan.”

Ia kemudian dituduh oleh Senat AS, diwakili Komisi yang dipimpin Norm Coleman, telah memperoleh keuntungan pribadi dari program Oil for Food PBB. Galloway kemudian membantahnya dengan keras dan membalas Coleman dan politikus pro-perang lainnya sebagai pelindung atas “pencurian milyaran dollar dari kekayaan Irak..yang terjadi di bawah hidung kalian” yang telah terjadi di bawah otoritas pasca-invasi, yang dilakukan oleh “Halliburton dan Perusahaan2 AS lainnya….dengan restu pemerintah AS. Dia dikeluarkan dari partai Buruh pada Oktober 2003 ketika sebuah badan partai tersebut menyatakan bahwa berbagai pernyataan kerasnya telah memberikan kesulitan bagi partai tersebut.

Pada January 2004 Galloway kembali ke pentas politik sebagai pendiri “Respect”, partai politik baru yang juga koalisi dari Partai Buruh yang berafiliasi “kiri”, berasosiasi dengan Partai Pekerja Sosialis dan grup “kiri” lainnya, aktivis anti perang Irak seperti Salma Yaqoob dan tokoh kiri Inggris lainnya seperti Sutradara Ken Loach. Dia mendapatkan kursi di parlemen pada pemilu 2005, bersamaan dengan pertama kalinya Respect ikut pemilu. Pada 3 November 2007 Partai Pekerja Sosialis mengklaim bahwa Galloway telah mengumumkan mundur dari Respect setelah krisis internal. Galloway kemudian membantahnya, dan bersama dengan pemimpin Respect, Linda Smith, wakil Salma Yaqoob, dan 16 anggota majlis nasional lainnya, mengeluarkan undangan konferensi Pembaharuan Respect yang akan dilakukan bersamaan dengan jadwal konferensi regular Respect.

Pada 17 Juli 2007 Galloway dipermasalahkan oleh House of Common (Parlemen Inggris)-Komisi Kehormatan, yang menyarankan agar Galloway di hukum skorsing selama 18 hari atas “ke-engganan-nya untuk bekerja sama sepenuhnya dengan Komisi, dan pernyataannya yang mempertanyakan integritas Komisi yang dianggap dapat mencemarkan nama baik Parlemen secara keseluruhan.” Sebagai jawaban, Galloway mengatakan “Lagi dan lagi saya telah membuktikan bahwa saya tidak pernah mengambil satu sen pun atau keuntungan dalam bentuk apa pun dari program Oil for Food dengan rejim Irak terdahulu. Yang membuat kesal komisi adalah kemampuan saya dalam membela diri dari tuduhan ini.” Pada 23 Juli 2007, dalam debat berkaitan dengan rekomendasi Komisi, Galloway diperintahkan keluar dari ruang sidang oleh pemimpin sidang setelah membuat pernyataan keras berkaitan dengan anggota parlemen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed