Hadapi Iran, Mesir Bukan Lagi Sekutu Israel

Hadapi Iran, Mesir Bukan Lagi Sekutu Israel


Kekhawatiran yang sangat tinggi saat ini menyelimuti Israel. Bagaimana tidak, pasca Hosni Mubarak tumbang dari kursi presiden, negara seribu menara itu dipastikan tidak akan menjadi sekutu negara Zionis dalam mengahadapi Iran.

Demikian disampaikan Haaretz, Minggu (20/2). Koran itu juga menyebutkan Mesir bakal berubah menjadi negara anti-Zionis. Tel Aviv mengungkapkan, Kairo kini mengingkari janjinya untuk bersekutu dengan Israel memusuhi Republik Islam Iran.

“Israel dirundung kekhawatiran berat terkait perubahan Mesir menjadi kubu keras dan menambah keterkucilan Tel Aviv di tingkat Internasional yang kian parah saat Benjamin Netanyahu menjabat Perdana Menteri,” demikian ditulis Alov Ben di Koran Haaretz yang juga dikutip Fars News.

Sejak kebangkitan rakyat dan tumbangnya Hosni Mubarak, Koran itu melanjutkan, hubungan Mesir dengan Israel kian dingin. Pipa gas dari Mesir ke Israel di Gurun Sinai yang meledak hingga saat ini juga belum juga berfungsi kembali.

Alov Ben menulis, Sheikh Yusuf al-Qaradawi yang diasingkan baru-baru ini kembali ke Kairo dan memimpin shalat Jum’at di Bundaran al-Tahrir. Dalam khutbahnya ia membicarakan masalah pembebasan Masjid al-Aqsa.

Menurut Haaretz, kemunculan tokoh Islam ini akan meningkatkan kebencian rakyat terhadap Israel. Namun begitu koran ini masih memprediksikan hal tersebut tergantung dengan prospek Mesir kedepannya. (Republika)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed