HAKEKAT MUSIBAH

Banyak orang membatasi makna dan pengertian musibah hanya untuk peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan. Ia dianggap sinonim bencana.

Banyak orang membatasi makna dan pengertian musibah hanya untuk peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan. Ia dianggap sinonim bencana.
Musibah adalah serapan dari kata Arab مصيبة yang dengan kata dasat ashaba (اصاب) yang berarti mengena, tepat sasaran, sesuai dan benar.
Bila diartikan mengenai/terkena, musibah bisa dianggap sinonim dengan bencana. Bila diartikan tepat sasaran, bisa mencakup perstiwa negative dan positif.
Bencana alam seperti meletusnya gunung merapi disebut bencana atau musibah negatif bukan karena eksistensinya, tapi karena merugikan manusia.
[ads1]

 
Selain baik bagi gunung itu sendiri dan ekosistem, setiap fenomena alam pada dirinya baik bahkan beguna bagi generasi mendatang.
Tuhan mnciptakan alam mineral dengan hukum yang meliputinya. Letupan abu gunung adalah konsekuensi sebab-sebabnya “sesuai” sifat dasarnya.
Kata yang juga dianggap searti dengan musibah adalah bala’ (بلاء), juga mihnah (محنة) juga imtihan (امتحان) yang berarti ujian atau cobaan.
[ads1]

 
Musibah/bencana bagi sebagian orang adalah ujian. Sebagian meyakiniya sebagai kutukan / siksa. Ada juga yang menganggapnya sebagai proses alam semata.
Sebagian bencana seperti yang dialami umat-umat terdahulu adalah kutukan dan siksa. Sebagian bisa dianggap mukjizat sebagai respon atas tantangan mereka.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed