Hizbullah, Tumpuan Harapan Rakyat Palestina

071003_hezbollah_vmed_7pwidec.jpg

Surat kabar International Herald Tribune menampilkan sebuah tulisan yang mengharukan. Terus terang, bulu roma saya sempat berkidik saat membacanya. Berikut tulisannya:

“Hizbullah datang,” pekik warga Palestina pada Kamis (13/03) saat pemakaman pejuang-pejuang Palestina yang dibunuh Israel, di mana jenazah mereka dibalut oleh bendera Hizbullah, bersama panji-panji Hamas.

Hizbullah sejak lama telah beroperasi di wilayah-wilayah Palestina, menyalurkan dana jutaan dolar bagi kelompok-kelompok pejuang Palestina, demikian diungkap sejumlah pejabat keamanan Israel. Pengaruh gerakan perlawanan Lebanon ini semakin terlihat di Tepi Barat sejak pembunuhan atas komandan militernya, Imad Mughniyah, satu bulan lalu, dalam sebuah ledakan di Damaskus, yang diduga kuat dilakukan dinas rahasia Israel, Mossad.

Masih tidak jelas apakah para pejuang Palestina semata mendapatkan dukungan dari Hizbullah, ataukah kelompok gerilya Lebanon itu terlebih secara langsung dalam perlawanan di dalam wilayah Palestina.

Sejak gugurnya Mughniyah, para pemimpin Hizbullah telah memberi sinyal akan adanya serangan balasan di dalam wilayah Israel, dan bukan terhadap target-target Israel di luar negeri, demikian papar Amal Saad-Ghurayib, seorang spesialis Hizbullah di Lebanon.

Pemerintahan Mahmoud Abbas dari Fatah di Tepi Barat terus berupaya membatasi pengaruh Hizbullah, tetapi pada saat yang sama Hizbullah justru mendapatkan sekutu yang sehati di dalam diri Hamas, yang mengendalikan Jalur Gaza.

Para pejabat Israel dan Fatah mencurigai kerja sama Hizbullah dan Hamas dalam beberapa aksi perlawanan, terutama yang terjadi di Tepi Barat.

Pada Kamis itu, para pelayat yang berbaris dalam prosesi pemakaman empat pejuang Palestina yang ditembak mati unit penyamaran militer Israel di Bethlehem memekikkan, “Hizbullah datang.” Tubuh-tubuh pejuang, termasuk di antaranya pemimpin Jihad Islam Muhammad Syahadah, itu pun ditutupi oleh bendera-bendera Hizbullah.

“Muhammad adalah pengagum berat metode perlawanan Hizbullah dalam menghadapi pendudukan Israel,” kata Khalil, sang sepupu.

Popularitas Hizbullah di mata rakyat Palestina semakin luas karena aksi-aksi heroiknya dalam perang melawan Israel, termasuk taktik perang gerilya yang memaksa Israel mundur dari selatan Lebanon pada Mei 2000. Bintangnya pun semakin berkibar setelah membuktikan kelemahan militer Israel yang konon digdaya itu pada perang musim panas 2006.

Israel mengajukan komplain kepada aparat keamanan Fatah di Tepi Barat karena masih banyaknya aktivis perlawanan Palestina yang melakukan kontak dengan Hizbullah, kata Mayjen Raji al-Nijmi, pejabat keamanan Fatah.

Sementara itu, analis Israel Efraim Inbar mengatakan bahwa ia percaya pengaruh Hizbullah di Palestina sedang meluas, tetapi sulit untuk dipastikan tingkatnya. Inbar mengatakan Israel seharusnya lebih fokus kepada peran Hizbullah di Gaza. “Kami telah melihat metode-metode Hizbullah di Gaza. Kami tahu bahwa beberapa pejuang Palestina telah menjalani latihan di kamp-kamp Hizbullah,” katanya [diterjemahkan oleh irman utk www.icc-jakarta.com]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 comments

  1. Israel sudah ketinggalan informasi, tidak tahu kalau HIZBULLAH sudah ada dimana-mana, didalam diri setiap mukmin, ironis negeri Zionis yg digdaya (menurut propaganda mereka yg takut) tidak bisa tidur nyenyak karena Hizbullah. ISRAEL TIDAK LEBIH KUAT DARI SARANG LABA-LABA

  2. Harapanku adalah sudah saatnya negara2 Arab bersatu dan melihat dgn mata hati serta pikiran yg jernih bhw Hizbullah bukan membawa bendera Syiah TAPI bendera KAUM MUSTADH’AFIN…

  3. lima tahun lalu saya sempat berkunjung ke kantor perwakilan hizbullah di damaskus, di dekat makam sayidah zaenab.

    nader kati, yang menerima saya di sana, berkata, “anda sedang menunggu perang yang belum datang. tapi lihatlah ini perang yang sedang berlangsung…”

    salam hormat untuk semua pejuang hizbullah yang bertebaran di muka bumi.

  4. inilah salah satu bentuk “menunggu” kedatangan Imam Mahdi, menunggu yang active, mempersiapkan, terlebih lagi membuka jalan bagi diturunkannya Al muntazhar. Satu hal yang sangat berbeda dengan yang dulu saya yakini, yaitu sekedar menunggu,… betul-betul “hanya” menunggu.

    Hizbullah datang…!! hizbullah datang….!! teriakku juga……….

  5. Bila ulah zionist menginternasionalisasikan perang telah dihalalkan bagi islam kenapa untuk setapak hak yang kita punya tidak kita legalkan demi saudara kita yang kecintaannya adalah utuhnya iman, buka hati dan mata kalian wahai umat dan pemimpin islam kiprah kalian akan tercatat dalam peradaban…

  6. tdk hanya di palestine….di semua, dimana ketidak adilan dan kedzaliman ada juga dmn yg kecil berhadapan dengan hegemoni besar. semangat hizbullah ada sebagai api semangat. dan jangan lah lupa api hizbullah adah api Imam husain as, semangat yg sama yg telah menginspirasi revolusi islam iran
    allahummasholli ‘ala muhammmad wa’ala ‘ali muhammmad

  7. APAKAH KITA AKAN TRUS DIAM???
    PINTU SURGA SUDAH MENUNGGU DIPALESTINA..
    JADIKAN KITA UMAT ISLAM YANG BENAR-BENAR PEDULI DENGAN ISLAM..

    ALLAHHUAKBAR..

  8. Down with Israel!! Down with America!!

    Perdamaian tak pernah diungkapkan dengan senapan, karena yang diungkapkan dengan senapan hanyalah teroris dan Zeonisme.

    Sudah beberapa kali kilatan mentari dan redupan malam Israel menghujankan agresinya di wilayah Gaza. Tergambar jelas dalam layar syaraf ingatanku, betapa jelas dan terang 345 saudara-saudaraku tewas dan 1000 lainnya luka-luka.

    Krisis kemanusiaan terpampang di sudut negeri Palestina.

    Wahai saudara seimanku!!

    Demi karena ini, mari serentak, kita acungkan jari tengah kita, dengan meneriakkan: “Fuck Israel!! Fuck Amerika!!” Sebagai simbol perlawanan kita. Kita buat maju langkah kita. Laksana prajurit yang harus taat pada titah hati, kita maju!! maju terus berjuang sampai memperoleh kemenangan.

    “Fuck Israel!! Fuck Amerika!!”

    madah perlawanan kami kepadamu, Bagi kami tidak mengenal pendirian lain, kecuali menang atau hancur.

    sumber : http://www.asyiknyaduniakita.blogspot.com

  9. Stop Genoside in palestine! Aksi yang dilakukan Israel sekarang ini tak lebih dari upaya genosida bagi bangsa Palestina…. kalau dunia mau peduli dengan genosida dengan rakyat Rwanda atau Camp konsentrasi Nazi… kenapa dunia nggak lagi peduli dengan penderitaan bangsa Palestina…. ???
    Stop Violence Actions! Peace For palestine

  10. Untuk perjuangan saudaraku di Palestina Hamas dan Hizbullah beserta para pendukungnya semoga senantiasa dalam lindungan Allah

    DUKUNG KEMERDEKAAN PALESTINA DAN DUKUNG PENGHAPUSAN ISRAEL PARASIT SETAN LA’NATULLAH DARI PETA DUNIA….!!!!

    ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR…

    KEMENANGAN UNTUK PALESTINA DAN UMMAT MUSLIM
    TEGAKKAN KHILAFAH ISLAMIYAH

    HANCURKAN ZIONIS ISRAEL DAN ANTEK ANTEKKNYA

  11. allahu akbar-allahu akbar ….

    maju trus tentara allah, allah kan slalu ada dihatimu.
    moga2 pejuang kita yg ada di tanah palestina diberi kemenangan olemu YA ALLAH …. (AMIN)

    fuck with israel, fuck with amerika

  12. Strategi Hizbullah memang sangat tangguh, meskipun hampir tidak pernah tampil di TV peranan Hizbullah-Syiah lebih besar daripada Hamas-Sunni untuk melawan Zionism. Allah maha penolong.

  13. Bertahanlah saudara-saudaraku di Gaza, kalian kelaparan, kedinginan, anak-anak kecil menagis, bantuan untuk kalian telah di hancurkan. kalian terkucil dari dunia luar. Demi Allah kalian seperti setetes perjalanan dawah Rasul Saww ketika Keluarga Rasul Bani Hasim di kucilkan di lembah Abu Thalib 3 tahun lamanya …..di kemah-kemah itu Rasulullah Saww berpindah2 tempat untuk menghindari anak panah, Demi kemuliaan Rasulullah Saww bertahanlah kalian, kuatkan iman sesungguhnya Allah adalah penolong kalian. “Barangsiapa yang menolong agama Allah pasti Allah akan memberikan jalan-jalan”

  14. GOLONGAN MUSLIM SYIAH TAK SESAT,
    TETAPI YANG DIKATAKAN SESAT ITU
    GOLONGAN SYIAH RAFIDHAH YANG
    MENOLAK KENABIAN AL-RASUL MUHAMMAD SAW,
    BERKAHWIN SECARA MUTAAH DAN MEMUKUL
    BADAN SEHINGGA BERDARAH-DARAH PADA HARI
    ASYURA.GOLONGAN INI BOLEH DIKATEGORIKAN
    SEBAGAI KAFIR,SESAT DAN BERBAHAYA.
    PEMIMPIN2 HIZBULLAH DAN REPUBLIK ISLAM
    BUKAN BERMAZHAB SEDEMIKIAN INI.

  15. salam…bib, ana mau nanya hormat ala hizbullah, itu kan hormat yang sesuai dengan ajaran Ahlul Bait ya bib? yang kemudian diadopsi oleh nazi dan romawi, bisa dijelaskan asal usulnya bib?

News Feed