Ilmuwan Iran Atasi Dengkuran dengan ‘Bantal Komputer’

Banyak orang bermasalah dengan dengkuran atau yang biasa dikenal dengan sebutan ngorok. Perihal kebiasaan ini bisa runyam tatkala suara berisiknya mengganggu teman yang tidur di dekatnya.

Untuk itu, seorang ilmuwan Jerman mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan mengembangkan bantal yang ditautkan teknologi komputer didalamnya. Tujuannya adalah untuk mencegah suara dengkuran menjengkelkan saat tidur.

Daryoush Bazargani Ilmuwan Iran Atasi Dengkuran dengan ‘Bantal Komputer’

Daryoush Bazargani — nama ilmuwan berasal dari Iran — mengatakan, cara kerja ‘bantal komputer’ ini adalah ketika digunakan bakal terhubung dengan sebuah komputer seukuran buku yang ditempatkan di meja samping tempat tidur penggunannya.

“Komputer ini selanjutnya akan menganalisis suara dengkuran. Kemudian akan memperkecil atau memperbesar kapasitas udara di bantal untuk memudahkan aliran udara sehingga meminimalisasi dengkuran ketika posisi tidur berubah,” jelas profesor Ilmu Komputer di University of Rostock ini.

prototipe temuan Bazargani ini baru diperkenalkan pada sebuah konferensi kesehatan yang berlangsung di Jerman.

Hebatnya lagi, selain mencegah dengkuran bantal canggih ini juga diklaim bisa digunakan untuk memijat leher. Tak pelak, beberapa perusahaan asing seperti yang berasal dari Amerika Serikat pun tertarik untuk memproduksi bantal ini secara massal.

“Saya mengembangkan bantal ini karena saya sendiri sering mendengkur. Saya harap, orang yang memakai produk ini bisa tidur dengan lebih nyaman,” tandasnya. (/reuters)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed