Inna lillah! Salafi vs. Sunni di Mataram

Sedikitnya lima rumah warga jamaah Salafi di Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) diserang masyaraka, karena dinilai telah menyingung masyarakat yang menganut faham Ahlisunnah Waljamaah.

Rumah-rumah tersebut hancur sementara rumah yang lainnya atapnya dipenuhi batu bekas lemparan sehingga mereka harus mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga terdekat.

Hasbiallah (45) salah seorang jamaah Salafi Minggu mengatakan, masyarakat dengan tiba-tiba menyerah rumah warga Salafi sehingga membuat warga Salafi ketakutan.

Alasan menyerang adalah karena Salafi dituduh menerbitkan buku yang menyingung jamaah Ahlisunnah Waljamaah.

Dia mengatakan, Jamaah Salafi adalah sama dengan jamaah Ahlisunnah Waljamaah, karena sama-sama berkiblat ke Iman Syafii meskipun sedikit ada perbedaan tentang bidaah.

Penyerangan terhadap jamaah Salafi tidak hanya terjadi di Gerung, Lombok Baran, namun pernah terjadi di Kota Mataram dan Walikota Mataram segera mengambil tindakan dengan mengumpulkan jamaah Salafi.

Setelah diberikan pengertian maka jamaah Salafi dan Ahlisunnan Waljamaah berdamai sehingga sampai hari ini tidak pernah terjadi salah faham lagi.(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

  1. He Go Blog…! kalau nulis yang sopan..! jangan menghina Imam Syafi’i. dalam tulisan anda diatas, “……karena sama-sama berkiblat ke Iman Syapii meskipun…” apa maksud anda menyebut Imam Syafi’i dengan Syapii..? pasti anda sengaja menulis hal tersebut dengan nada menghina Imam Syafi’i. mengapa anda tidak menulis dengan benar “Syafi’i”? ingat..! jika kami umat Islam (Syafi’iyuun) bergerak lebih keras lagi kepada para penganut syi’ah, jangan salahkan kami..! sebab anda sebagai biang fitnah. kami bisa menggerakkan massa berjumlah besar untuk menumpas ajaran Syi’ah khususnya di jatim, kami sangat mengenal anda, bahwa anda adalah penganut faham Syi’ah. kami sangat tersinggung dengan tulisan anda yang tidak sopan…!

    Respon kami ini sebagai peringatan keras..!

    (ASWAJAH-JATIM)

    Baca dulu tulisannya, baru beri comment! Ini adalah berita yang ditulis oleh Antara secara literlek (tanpa disunting setitikpun oleh pemilik blog). Anda bisa menemukannya bila anda mau mencarinya di google dan lainnya (http://www.antara.co.id/arc/2009/2/23/rumah-jamaah-salafi-diserang/). Saya hormati pondok Langitan karena saya juga pernah berguru kepada para kyai Langitan. Saya pernah sepondok dengan Gus Mujib. Tapi tulisan anda yang bernada ancaman dan menggurui sungguh tidak pantas. Soal syiah atau bukan, itu bukan urusan anda. Ini negara bebas. Jangan pula mengatasnamakan kelompok. Muslim sejati tidak takut diancam. Sebaliknya anda mengaku keliru dan mencabut tuduhan itu

    1. bukanya dia sengaja nulis gitu tu mas bro,,, cumen dia goblok aja nulisnya,,, mgkin sekolahnya bolos trus,,,,
      dia bisa ngeblog karna diajarin temen2nya,, tu aja dia bayar pake kambing bpkx,,,,
      wkwkwkwkkw… yg jelas orgnya goblok mas bro,,,

  2. satu agama satu Tuhan satu Al-Qur’an satu Nabi Muhammad SAW satu hadist kok malah ribut sendiri apa ngak malu sama agama tetangga yang adem ayem damai rukun

  3. Sdr pemilik blog “GO BLOG”.

    Saya minta maaf atas ke-khilafannya, disaat saya baca berita “…Salafi vs Sunni di Mataram” yang ada di “GO BLOG” tanpa saya kaji lebih lanjut sumber beritanya, tiba2 saya naik pitam gara2 dalam artikel tersebut tertulis “..Imam Syapii” yang saya anggap sebagai penghinaan terhadap Imam Syafi’i.

    Alhasil, saya salah alamat dan harap maklum. namun saya tetap akan menghubungi “ANTARA” dan minta pejelasan tentang “…Syapii” tersebut.

    Kesalahan saya ini saya anggap sebagai kapsul peringatan pada diri saya sendiri dan kawan2 yang lain pada umumnya.

    Wa Salam.

    Labib: Kami sangat menghargai sikap anda. Mari kita junjung semangat persatuan dan persaudaraan.

  4. Yang biasa nyebut Imam Safei dengan “Imam Syapii” tuh orang Betawi ato orang Sunda, dan ini adalah hal yang lazim…seperti orang Arab menyebut Musa atas nama Moshe (Ibrani), atau Yesus (Yunani) dgn Isa (Arab) dgn Yesua (Aramaic), atau Mehmet (Turki) dgn Mahmud (Arab), atau Francois (Prancis) dgn Frank (Inggris), atau Petrus (Yunani) dgn Peter (Inggris) dgn Patrick (Irlandia), atau Yohanes (Yunani) dgn Yahya (Arab) dgn John (Inggris) dgn Jacques (Prancis), atau……. (pokoknya banyak deh!!!)

  5. assalamualaikum………
    tidak api maka tidak asap
    apa yang diterima salafy di lombok adalah buah dari bibit yang ditanam terdahulu.

    Islam itu fleksibel dalam mengamalkan agama, tiada air wudhu maka pakai debu. Tidak mampu sholat berdiri bisa sholat dgn duduk.

    Sesuatu yang baik musti disampaikan dengan cara yang baik, sekalipun durian itu manis jika diberikan dengan cara melempar maka akan menyakitkan.

    Semoga kita semua mampu memahami sunnah yang di ajarkan rasulullah SAW. (amin)

  6. sesama muslim yang berada satu dalam naungan islam, janganlah kita saling menyalahkan dan berpecah belah. ngat musuh tu dimana – mana. selain iblis dan setan. dan yang paling penting janganlah kita menjadi bahan tertawaan orang – -orang yang dengki islam……………….malu kaaaaaan.

  7. Allohuakbar….saya heran.. kenapa, orang oramg yang mengaku salafy dan selalu..mengatakan,kelompok ini gak ber ilmu….kelompok ini gak ber ilmu…selalu memancing keributan dimana mana…Insyaflah….semua muslim itu saudara….tolonglah jangan pengecut,setiap kelompok,yang ber ibadah,dikatakan, BID’AH…..SESAT…apa tidak bisa mengikuti cara nabi kita,mendatanginya secara hikmah,bukan seperti anjing menggonggong dari jauh…..

  8. Jagalah hati jaga hidup ini…,kembali kepada jalan salafu sholeh,jga ibadah,cri ilmu.amal.ahlaq.mereka yg diluar aswaja doaken mdah2 kembali kpda ajaran para bapak.kakekny.leluhurnya.ustadnya….malu …

  9. Astaghfirullohal adziem, islam adalah ajaran yang sangat mulia dalam hal akhlak atas sesamanya,saudar-saudarkku seiman dan seakidah,alafu ana sekedar mencoba mengingatkan khususnya diri ana sendir umumnya kita semua, Alloh saja telah memerintahkan Musa a.s. untuk berdakwah ke Fir’aun laknatulloh alaih dengan cara lemah lembut dan tanda menghilangkan adab sedikitpun….,bukankah kita semua mengaku sebagai umat Muhammad SAW yang bergitu mulia dalam berakhlaq dan bertuturkata biarpun terhadap orang – orang yang ingkar kepada Alloh SWT, kita coba sama – sam belajar berbaik sangka insya Alloh ana sangat yakin kalau pemilik blog ini tidak seingkar Fir’aun dan begitupun kita semua belum tentu setaat Musa a.s., kita hidup di dunia bukan untuk saling menghisab tetapi kita mengemban amanah yang sangat besar dari Alloh yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya, doakan ana semoga Alloh tetapkan ana dalam amal islam sesuai dengan yang dicontohkan Rasululloh SAW…..Amin

  10. setiap gerakan dakwah yang mendapat berkah pasti berkembang walaupun mendapat ujian yg bermacam2, krn Allah SWT akan menurunkan hidayah sebab pengorbanan mereka… Nanti dapat kita lihat gerakan dakwah yg mana yg dapat hidayah dan berkah…. yg penting kerja dakwah saja lah.. hidayah Allah SWT yg atur…

  11. Kalau mau ngasi koment, baca dulu…, resapi…, asumsi di otak… Baru keluarkan pendapat…!!
    Jangan koment galak ga karuan…
    Akhirnya malu sendiri khn??

  12. salafy itu bisanya hanya menggonggong…bilang orang bid’ah dan musyrik, saya orang china jadi tahu agama islam dari Jamaah Tablikh..jangan menjegal kawan seperjuangan..kami menantikan saudara salafy da’wah ke kampung kami di kalbar..gunakan energi untuk menunaikan amanah rasulullah ke seluruh alam, saling berantem sesama muslim kita bakal kehabisan tenaga..sementara mosionaris kristen setiap saat di pelosok negeri sana keluar masuk rumah orang muslim untuk mengkafirkan mereka. insyaflah saudara..orang kristen senang sekali..bila melihat kita berantem terus

  13. semoga Allah Azza wa Jalla menjaga kita dari kejahatan akal dan hawa nafsu kita, anda menuliskan ‘.. sama-sama berkiblat ke imam Syafii..’ saja sudah salah paham karena rujukan Islam hanya Allah dan Rasul-Nya atau Al-Quran dan Sunnah… sebelum menyalahkan dan berdebat, kita buka sumbernya dulu karena Syetan akan senantiasa menggelincirkan kita dimanapun dan kapanpun.

  14. klo saudara saudaraku seislam tobat tidak mengerjakan bid”ah baru salafi ga cerewet lagi lha wong masih banyak nyebarin ajaran sesat plus bid’ah maka kami selaku pengikut salaf geraaaaammmm donnnk masa agama nabi saw mau dirubah dengan ajaran bid’ah……..kami akan berjihad dalam hal tersebut klo ente gak berbuat bid’ah berarti Alloh dan Muhammad saw ,tuhan dan nabi nya sama berarti kita satu barisan klo gak tahu nanya pasti dikasih tahu lanjutin sama belajar yg bener jangan belajar sama orang -orang sesat

  15. Hei radenotong memangnya anda siapa? enak aja ente sesat-sesatin orang, bisa balik tuh omonganmu , kamu tuh GEDE HUNTU.!

News Feed