Iran Ciptakan Robot Mirip Manusia


Iran berhasil mengembangkan robot jenis humanoid yang bisa berjalan dengan dua kaki layaknya manusia. Robot tersebut akan digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang berisiko jika dilakukan manusia.

Robot yang diberi nama Surena-2 (diambil dari nama seorang Prajurit Persia kuno) dipamerkan pertama kali oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada hari Sabtu (3/7/2010) waktu setempat. Robot ini berukuran tinggi 1,45 meter dan berat 45 kg.

“Berjalan perlahan-lahan serta menggerakkan tangan dan kaki seirama adalah salah satu kelebihannya,” demikian dilaporkan media lokal Pemerintah Iran. Dalam perkenalan robot tersebut tidak diberitahukan tentang kemampuan robot lebih mendalam. Hanya disebut, robot tersebut dirancang dan dikembangkan untuk membantu pekerjaan sulit atau bersifat sensitif yang biasa dikerjakan manusia atau sebagai asisten sehari-hari.

Iran termasuk salah satu negara yang agresif melakukan sejumlah proyek ilmiah dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa keberhasilan gemilang yang sukses dilakukan para ilmuwan Iran antara lain kloning, penelitian sel induk, dan teknologi satelit. Pengembangan teknologi nuklir dengan pengayaan uranium juga dilakukan di tengah tekanan internasional yang meningkat atas
program nuklirnya yang kontroversial. (kompas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

  1. Kapan ya Indonesia memperlihatkan tanda2 kemajuan seperti Iran??????
    pdhal ada banyak Ilmuwan Indonesia bertebaran di dalam maupun luar negeri. jgn hanya pemerintah jago Korupsi!!!!

  2. kuq masalah jiplak yang dikritisi..
    kenapa ga’dilihat dari sisi perjuangannya aja yang kita kritisi..
    coba kita pikir gimana tuh berjuang gak maw kalah sama yanga laen, walawpun negara islam iran di asingkan, mereka terus berjuang dan berkembang..
    kita harus belajar banyak…

News Feed