Skip to main content

Iran dan Rusia Gagas Pembentukan Organiasi Negara Pengekspor Gas

By January 30, 20082 Comments

Dua negara penghasil gas terbesar, Iran dan Rusia membuat gebrakan yang membuat Barat makin ketar ketir. Kedua negara bertetangga itu memprakarsai pembentukan organisasi serupa dengan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

 

Seperti dilansir harian Rusia Kommersant, salah satu pejabat Pemerintah Rusia yang enggan menyebutkan identitasnya mengemukakan, piagam pembentukan tersebut akan diajukan secara resmi dalam forum pertemuan sejumlah negara pengekspor gas (Gas Exporting Countries Forum/GECF) di Moskow,Juni mendatang. “Wacana yang tengah hangat dibicarakan oleh GECF terkait transformasi dari perkumpulan negara informal menjadi organisasi penghasil gas yang resmi diakui di dunia internasional,” ujar sumber tersebut.

 

Harian tersebut juga menyatakan, rancangan piagam yang disusun Iran itu,sebagai negara terbesar kedua penghasil gas di dunia setelah Rusia, hampir menyerupai piagam OPEC. Dijelaskan pula, tujuan pembentukan organisasi itu untuk mengatasi ketidakmenentuan harga di sejumlah negara barat yang sangat tergantung pada negara-negara pemasok gas. Kommersant juga mengutip pernyataan sejumlah ahli yang memprediksi organisasi tersebut akan segera terbentuk, tetapi kuatnya pihak oposisi yang diprakarsai Uni Eropa dan AS dapat membatasi tingkat keberpengaruhannya di dunia. (Sumber: AFP/Sindo)