Skip to main content

Iran Luncurkan Satelit ‘Omid’ (Harapan)

By February 4, 20086 Comments

satelit.jpg

Presiden Iran Mahmoud Ahamdinejad Senin kemarin meresmikan peluncuran satelit pertama Iran.

Ahmadinejad, yang disertai Menteri Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata, Mohammad Najjar, meresmikan stasiun bumi dan landasan peluncuran satelit pertama milik Iran.

Acara peluncuran itu diselenggarakan di Iran Electronics Industries Co.

Dalam kata sambutannya, Ahmadinejad menyebut kehadiran pertama Iran di ruang angkasa ini sebagai suatu keniscayaan, seraya menggambarkan langkah pertama negara itu di bidang ini sebagai sesuatu yang bijaksana dan tepat.

Ahmadinejad mengatakan bahwa pengalaman-pengalaman yang diperoleh Iran adalah milik semua umat manusia karena bangsa Iran bertujuan membantu perkembangan maksud-maksud dan kepentingan-kepentingan Ilahiah.

Salah satu alat utama yang dieksploitasi tangan-tangan kekuasaan hegemoni global adalah menghina negara-negara lain dengan menanamkan perasaan akan “ketidaksanggupan” di dalam diri mereka, tambah Ahmadinejad.

“Semua prestasi Revolusi Islam selalu berkaitan dengan keyakinan dan kebangkitan identitas kemanusiaan, dan inilah yang para nabi Ilahi upayakan sejak dahulu,” tegasnya.

“Satelit Omid adalah salah satu satelit hasil riset ilmiah tahap lanjut yang secara eksklusif dirancang dan dibuat oleh para ilmuwan Iran.

Proyek itu membutuhkan waktu 10 tahun bagi para ahli Iran untuk menuntaskannya, dan satelit itu sendiri dirancang untuk berfungsi di sistim orbit berjarak rendah dari bumi (sekitar 2000 km dari permukaan bumi).

Pada Februari 2007, Iran bergabung dengan komunitas ruang angkasa internasional ketika ia sukses menguji roket yang menembus ruang angkasa sebagai bagian dari upayanya untuk meluncurkan lima satelit ke dalam orbit pada 2010.[press tv]