Malaysia Tuding Aktivis Etnis India Terkait Teroris

Otoritas Malaysia benar-benar menindak keras para aktivis etnis India yang menggelar aksi unjuk rasa ilegal belum lama ini. Kepala kepolisian Malaysia bahkan menuding para aktivis tersebut mempunyai kaitan dengan kelompok teroris.

 

Tuduhan ini bisa membuat para aktivis ditahan tanpa persidangan sesuai aturan UU Keamanan Dalam Negeri (ISA).

 

Hindraf, kelompok HAM etnis India bulan lalu mengorganisir aksi protes antidiskriminasi. Aksi itu dibubarkan polisi dengan menggunakan gas air mata dan meriam air.

 

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Musa Hassan menuduh Hindraf mencari dukungan dari para teroris. Kelompok itu juga dituduh merusak reputasi Malaysia dan memancing kebencian rasial.

 

“Belakangan ini ada indikasi bahwa Hindraf berusaha mencari dukungan dan bantuan dari kelompok teroris,” cetus Musa seperti diberitakan kantor berita resmi Malaysia, Bernama, Jumat (7/12/2007).

 

Musa membantah klaim Hindraf bahwa etnis India yang mencakup 8 persen populasi Malaysia, dibiarkan tertinggal dalam bidang pendidikan, pekerjaan dan kemakmuran. Menurut Musa, klaim tersebut “keliru, tidak berdasar dan jahat.”

 

“Tindakan mereka juga berpotensi menimbulkan konflik rasial di negara ini,” tandas Musa.

 

Salah seorang pemimpin Hindraf, P Uthayakumar mencetuskan, pernyataan Musa itu memperbesar kemungkinan pemberlakuan ISA terhadap kelompoknya. “Mereka berusaha menaruh landasan untuk menangkap kami sesuai ISA,” cetusnya.

 

Beberapa hari lalu, 31 etnis India ditangkap atas tuduhan pembunuhan setelah melukai seorang perwira polisi saat demo berlangsung. (detikcom)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Mba Ema yg baik di Indonesia gak ada sekolah spionage. Kalo sekolah Koruptor banyak di Jakarta n gampang nyarinya. Kantor Pusatnya di daerah senayan trus sekolah koruptor cari aja kantor yang depannya pake nama “Departemen”
    Di jamin menjadi Koruptor yg Kaffah

  2. And what do you think of Obadiah Shoher’s arguments against the peace process ( samsonblinded.org/blog/we-need-a-respite-from-peace.htm )?

News Feed