Skip to main content

Iran Sambut Proposal Konsorsium Nuklir Saudi dan Negar-negara Teluk Persia

By October 6, 2011One Comment

Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran, Manouchehr Mottaki, Rabu (27/7) menerima koleganya dari Arab Saudi, Menlu Saud al-Faisal berikut sebuah proposal untuk membentuk semacam konsorsium nuklir, yang menghimpun di dalamnya Iran dan negara-negara anggota Persian Gulf Cooperation Council (PGCC). Mottaki mengatakan bahwa Iran menyambut proposal itu dan siap untuk menegosiasikannya.

Menurut Mottaki, Iran memandang perkembangan dan kemajuannya sebagai juga milik negara-negara tetangganya.

Iran siap memanfaatkan pengetahuan dan pengalamannya dalam banyak bidang untuk membantu pembangunan negara-negara tetangga atas izin negara-negara tersebut,” kata Mottaki.

Dia juga mengutip kembali pernyataan negara-negara anggota PGCC, dalam pertemuan mereka di Riyadh tahun lalu, yang menyuarakan ketertarikan negara-negara tersebut untuk memproduksi energi nuklir. Iran segera menyambut inisiatif PGCC itu dalam kaitan dengan kebutuhan untuk memanfaatkan sumber-sumber energy yang dapat diperbaharui, khususnya energi nuklir, sebagai energi alternative bagi bahan bakar fosil yang terus menipis.

Kami selalu menyatakan kesiapan kami untuk bekerja sama dengan negara-negara mana pun dalam program nuklir damai,” tegasnya.

Menanggapi beberapa kalangan yang coba menggambarkan isu nuklir sebagai sumber pertentangan antara Iran dan negara-negara Arab, Mottaki mengatakan. “Dalam pandangan kami, persoalan ini merupakan salah satu alasan yang positif untuk mengembangkan kerja sama regional dan secara efektif akan mampu berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan kemajuan kawasan.” (Sumber: IRNA).