Israel Cegah Bantuan Idul Adha ke Gaza

Pasukan keamanan Israel kembali melarang sebuah kapal yang akan bertolak ke jalur Gaza membawa bantuan kemanusiaan. Kali ini kapal yang tengah bersandar di pelabuhan Jaffa, dilarang melanjutkan perjalanan.

“Kami sedang bersiap-siap untuk menuju Jalur Gaza untuk menyerahkan ratusan kilogram obat-obatan dan barang-barang kebutuhan pokok, tetapi polisi maritim mencegah kami membongkar jangkar kapal kami,” kata anggota parlemen Arab Israel, Ahmed Tibi, Minggu (7/12). Juru bicara polisi Israel, Micky Rosenfeld, mengonfirmasikan bahwa kapal itu dilarang meninggalkan pelabuhan tersebut.

Para anggota parlemen Arab Israel lainnya, termasuk Taleb al Sana dan Mohammed Barakah, juga berada di kapal itu bersama dengan para aktivis perdamaian dari kelompok sayap kiri Yahudi. Tiga warga Israel dari Galilee yang membawa satu truk pangan dan obat-obatan ke pelabuhan itu untuk dinaikkan ke dalam kapal ditahan untuk diperiksa.

Israel memberlakukan satu blokade yang menyengsarakan terhadap Jalur Gaza sejak kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza, Juni tahun lalu. Israel memperketat blokade itu sejak meletusnya aksi kekerasan lintas perbatasan 4 November. Pekan lalu, kapal-kapal perang Israel melarang sebuah kapal barang Libya yang membawa 3.000 ton barang-barang mencapai Gaza.

(Kompas dari Antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed