Skip to main content

Israel dan Arab-pro AS Bersekongkol Keruhkan Irak

By November 11, 20113 Comments

Koran Al Bayyinah Al Jadidah terbitan Irak mengungkap keterlibatan Rezim Zionis Israel dalam upaya stagnansi transformasi politik di Irak pada sidang Qatar.

Kantor Berita Mehr melaporkan, sumber-sumber diplomatik Arab khususnya dari Irak menyebutkan bahwa berdasarkan informasi tersebut, topik yang dibahas dalam sidang yang berlangsung di Qatar, terkait strategi dan cara-cara untuk menghentikan proses penyelesaian krisis politik di Irak dan menjerumuskan negara tersebut dalam konflik sektarian.

Sumber tadi menambahkan bahwa delegasi dari Arab Saudi dan Rezim Zionis Israel sepakat untuk membentuk kantor kolektif di Irak dalam rangka program tersebut. Kesepakatan tersebut juga diketahui oleh sejumlah negara Arab yang menginginkan terhambatnya transformasi politik Irak. Sebelumnya, sumber Irak juga mensinyalir kesepakatan tiga negara Arab termasuk Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, untuk menyulut fitnah di Irak khususnya antara kelompok Syiah dengan cara meneror marji terkemuka Irak, Ayatullah Al Udzma Sayyid Sistani.

Tidak hanya itu, Koran Al Bayyinah Al Jadidah juga menyebutkan bahwa separoh dari kelompok bersenjata di Irak berasal dari Arab Saudi dan jumlah mereka setiap bulannya bertambah dari 60 hingga 80 orang. Hingga kini tidak ada sikap apapun dari pemerintah Riyadh untuk membendung masuknya kelompok bersenjata ke Irak.(IRIB)