Istri Ahmadinejad Desak Istri Mobarak Peduli Gaza

Istri Presiden Mahmoud Ahmadinejad mendesak first lady Mesir menggunakan pengaruhnya untuk membantu warga Palestina di Gaza. Itulah surat istri Ahmadinejad kepada Suzanne Mubarak.

Anda dapat menuntun suami Anda dan memintanya untuk membuka jalan guna membantu rakyat Palestina dan mencegah tragedi kemanusiaan yang lebih buruk,” tulis Azam al-Sadat Farahi pada istri Hosni Mubarak, menyinggung perbatasan Rafah yang membelah Mesir dan Gaza, seperti dilansir AFP, Minggu (18/1/2009).

Padahal Rafah adalah satu-satunya perbatasan yang bisa digunakan untuk mengirim bantuan ke Gaza, sebab perbatasan satunya lagi langsung berbatasan dengan Israel.

Kesempatan untuk melayani orang-orang terutama yang terhimpit merupakan hadiah yang mulia dan itu akan menimbulkan kemarahan Tuhan bila kesempatan itu dilewatkan,” tulis Azam. Apa yang dilakukan Azam merupakan langkah yang jarang dilakukan oleh seorang istri pemimpin Iran.

Bangsa-bangsa sedang menunggu langkah Islamis dan kemanusiaan Anda dan dari pemerintah Mesir,” ujarnya.

Teheran memutus hubungan diplomatik dengan Kairo pada 1980, setahun setelah pemerintah revolusi Islam Iran memprotes pengakuan Mesir terhadap Israel dan memberi suaka pada shah Iran yang terguling.

Sejumlah pejabat Iran dengan tegas mengkritik pemerintah Mesir beberapa minggu terakhir ini tentang sikapnya terhadap agresi Israel ke Gaza.

Mesir menyatakan bahwa perbatasan Rafah hanya akan dibuka untuk lalu lintas normal bila pengawas dari Uni Eropa dan pasukan otoritas Palestina berjaga di perbatasan tersebut.

Demonstrasi diadakan tiap hari di depan lembaga-lembaga kepentingan Mesir di Teheran. Sekelompok pelajar Islam bahkan menawarkan hadiah satu juga dollar pada sapa pun yang bisa menghabisi Hosni Mubarak. Iran adalah pendukung Hamas yang menguasai Jalur Gaza.(detik)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

News Feed