Hore..! Kirgistan Akan Tutup Pangkalan Militer AS

Pemerintah Kirgistan mengajukan satu keputusan kepada parlemen untuk menutup sebuah pangkalan udara AS di negara Asia Tengah itu. Demikian dikatakan seorang juru bicara resmi, Rabu (4/2).

Personel militer AS akan diberikan waktu 180 hari untuk menghentikan operasi-operasi dan meninggalkan fasilitas itu apabila keputusan final dibuat.

Persetujuan parlemen dianggap sebagai formalitas di sebuah negara yang badan legislatifnya dikuasai Partai Al Zhol yang pro presiden, hanya menjadi setempel karet pada prakarsa-prakarsa pemerintah.

“Satu rancangan keputusan mengenai perjanjian penutupan pangkalan udara AS sudah disampaikan kepada parlemen,” kata juru bicara Aibek Sultangziyev.

“Terserah pada parlemen sekarang untuk memutuskan kapan akan membicarakan masalah ini,” imbuhnya.

Pemerintah, dalam sebuah pernyataan, memutuskan akan menutup Pangkalan Udara Manas, yang dibangun tahun 2001, sebagian karena sebagian besar rakyat di negara berpenduduk mayoritas Muslim itu tidak menyetujui kehadirannya.

Oposisi mengecam rencana pemerintah itu dengan mengatakan, tindakan untuk lebih dekat ke orbit Rusia akan mengganggu hubungan negara mereka dengan Barat dan menghambat usaha-usaha Kirgistan untuk menjadi negara yang lebih demokratis . (Kompas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed