KEZALIMAN TERSELUBUNG

Memuji kecantikan wanita lain di hadapan istri terutama yang sensitif bisa dianggap sebagai kezaliman verbal.

Memuji kecantikan istri di hadapan lelaki lain kadang bisa dianggap ciri atau tanda ketidaksetiaan.

Mengungkap rasa bahagia karena punya suami dan rumah tangga harmonis di hadapan wanita yang belum dapat jodoh kadang bisa dianggap merendahkannya.

Mengungkapkan kebahagiaan karena anak-anaknya yang sehat dan lucu di hadapan wanita lain yang belum dianugerahi anak kadang bisa membuatnya sangat sedih.

Mengutip pendapat guru lain seraya menyebut namanya saat berada di kelas seorang guru di hadapannya kadang bisa dianggap mengadu domba dan merendahkannya.

Menyampaikan pendapat, twiit, status, berita dan karya ilmiah orang lain tanpa menyebut nama dan sumbernya bisa dianggap pencurian bila mengutipnya utuh dan plagiarsi bila mengubah diksinya.

Mencandai orang lain dengan subek yang dibencinya bisa dianggap melecehkannya.

Mencela sesuatu yang diberikan (given) seperti bentuk tubuh dan rupa di belakang orangnya adalah penghinaan terhadap penciptanya juga penghinaan bila di hadapannya.

Memuji dan mengistimewakan seorang wanita karena kecantikan dan bentuk tubuhnya semata adalah merendahkannya (memandangnya sebagai benda semata).

Mengistimewakan seseorang semata-mata karena kekayaannya adalah deklarasi penghambaan.

Menyesatkan kelompok tertentu di tengah awam yang mudah terprovokasi dengan dalil-dalil manipulatif dan dusta bisa dianggap mengISISkan mereka.

Mengeluarkan fatwa sesat terhadap kelompok lain di tengah masyarakat awam yang menganggapnya agen tunggal kebenaran berarti menerbitkan License to kill.

Menyuruh istri melakukan pekerjaan yang sulit supaya punya alasan menekannya atau bahkan menceraikannya karena dianggap tak patuh adalah kejahatan.

Berderma kepada seseorang supaya kehilangan netralitas dan keberpihakan kepada yang teraniaya dalam menyikapi konflik adalah keculasan.

Melontarkan pertanyaan tendensius supaya tertanya beri jawaban yang bisa dijadikan bahan memojokkan seseorang di forum itu adalah pembunuhan karakter.

Memilih-milih orang berdasarkan penampilan untuk sekedar memberikan senyum atau menampilkan wajah ramah adalah sifat kikir paling akut.
Baca juga: PENGETAHUAN TENTANG KEZALIMAN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed