Khusus Ramadhan: Belum Salat, Virus Matikan Komputer

 

 viruspray.jpg

Ada-ada saja perilaku pembuat virus komputer di Indonesia. Bertepatan dengan bulan Ramadhan, sebuah virus akan mematikan komputer korbannya jika belum salat.

Virus bernama VBWorm.NVX itu dikabarkan kehadirannya oleh para analis dari Vaksin.com. Virus ‘religius’ itu akan menampilkan pesan lima kali sehari sesuai waktu salat umat islam.

Virus itu akan aktif setiap hari pukul 13.00, (waktu Dzuhur), 16:00 (waktu Ashar), 18:30 (waktu Maghrib), 20:00 (waktu Isya) dan 5:30 (waktu Subuh).

Virus itu menampilkan pesan “Apakah Anda seorang Muslim ?” jika dijawab ‘Ya’, virus itu akan melanjutkan dengan ‘Sudahkan Anda Shalat ?’. Jika pada pertanyaan kedua dijawab ‘Sudah’ maka pesan akan hilang, tapi jika dijawab ‘belum’ maka komputer akan dimatikan.

“VBWorm.NVX ini tergolong masih baik karena tidak sampai melakukan blok terhadap fungsi Windows atau tools security, VBWorm.NVX juga tidak akan menyembunyikan file atau dokumen dan tidak akan membuat file duplikat seperti yang dilakukan oleh virus lokal pada umumnya,” ujar Adang.

Meski demikian, keberadaan virus ini tetap tidak bisa dibilang sebagai perbuatan baik. Adang berpendapat lebih baik tidak membuat virus atau program sejenis daripada membuatnya meski dengan tujuan atau niatan baik.

VBWorm.NVX memiliki wujud icon Microsoft Windows Explorer dengan tipe file aplikasi (.exe) berukuran 56 kilobyte. Pengguna komputer bisa tertular virus ini melalui jalur USB Flash Drive.

Tak lupa Adang pun mengingatkan pengguna komputer untuk selalu berhati-hati dan menyiapkan antivirus yang sudah up to date. (detiknet)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Untuk berbuat baik mestinya dg cara hasanah pula, Kalau cara ini dilakukan meskipun tujuannya baik bisa diinterprestasikan secara tdk baik. Alhasil Islam akan identik dg cara2 semacam ini, sementara tidak ada paksaan dalam beragama. Saya justru curiga saat virusnya lg beraksi mengajak orang untuk sholat justru arsitek virusnya sendiri maaf tidak sholat karena lagi asyik menghitung berapa perolehan bisnis anti virusnya akibat virus yang ditebarnya…

  2. Hanya dua komentar tapi pedessssssss bgt..

    1. Smoga yang bwt virus amal nya diterima di sisi Allah SWT karena sudah banyak orang yang nyumpahin dari pada yang muji….
    2.Menyuruh orang lain itu sulit, tapi menyuruh diri sendiri itu lebih sulittt ( Jangan suka menyuruh tapi lebih banyak kasih contoh yang baik, Akhlakul karimah mahmudah..)

News Feed