Kisruh PKB : Tontonan Politik yang Lucu

Tontonan politik paling lucu sekarang adalah kisruh dalam PKB. Bayangkan PKB versi Muhaimin Iskandar dan PKB versi Gus Dur saling gugat ke pengadilan dan saling copot. Tidak jelas, bagaimana nasib konstituen dan akar rumput yang selama ini mempercayakan hak politik kepada partai yang mengklaim sebagai wadah politik warga NU ini.

Sepak terjang Gus Dur sejak dulu sudah diketahui umum, yaitu tidak mampu mempertahankan persahabatan dan hubungan. Sudah banyak orang-orang yang dulu menjadi pendampingnya terlempar, mulai dari Matori Abdul Jalil dan Alwi Shihab, Khoirul Anam.

Di kalangan kyai, Gus Dur yang semula didukung, malah sekarang ditolak oleh para kyai yang sebelumnya sangat loyal padanya, termasuk kyai Langitan.

Gus Dur yang di luar partai politik dikenal dan mengaku sebagai pendukung utama demokrasi dan pluralisme nampaknya harus menerima kenyataan bahwa dia juga kesulitan untuk mempraktikkan klaimmnya. Bukan hanya itu, ia malah terlihat tidak bisa mempertahankan sikap egaliter dengan membiarkan partai yang dibangunnya menjadi perusahaan keluarga, sebagaimana dikemukakan oleh banyak pengamat politik.

Muhaimin Iskandar dalam sengketa dengan Alwi Shihab dan Khoirul Anam juga dikenal sebagai pembela mati-matian Gus Dur dengan menggelar Muktamar Semarang.

Lucu….

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

  1. K lo Gak gitu (mangsude Gus Dur) ya bukan Gus Dur wong dari dulu Gus Dur Emag Suka Bikin Sensasi, yg skr juga cuma sensasi, liat aja nanti…….

  2. Gus Dur itu, orang yang banyak melahirkan tokoh besar. Sadar atau tidak, siapapun yang dibentur Gus Dur pasti karir dan popularitasnya semakin melejit. Ya mbok kali ini, berikan kepada beliau kesempatan untuk membesarkan putra-putrinya. Masak keponakan terus yang dibesarkan ?

  3. jangan pilih pkb pd pemilu 2009 dah bsan dengar pkb dikit2 ribut.aku orang pkb/nu risih mendengarnya okoknya kalao nanti yang menang gus dur lag sekeluarga saya saya larang pilih pkb.amin

  4. Gus Dur sebenarnya bukan membuat sesnasi tetapi Gus Dur bicara apa adanya. Wong Muhaimin salah, dan keputusan rapat Gabungan dewan Suro DPP PKB setuju sama Gus Dur untuk mencopot Muhaimin kok malah disalahkan. Oh, jika Muhaimin nurut pandangan Gus Dur kayaknya mau memanfaatkan partai demi dirinya dan kelompoknya bukan demi kepentingan bangsa, tersu apa Gus Dur diam saja. Ingat Beliau itu Ketua Dewan Suro, pembuat kebijakan dan penilai kebijakan. Andai Tanfidz ( Pelaksana ) berbuat tidaj sesuai garis yang ditentukan Dewan Suro, apa Dewan Suro diem saja ? itu namanya Dewan Tanfidz memanfaatkan dewan Suro demi kepentingan dirinya sendiri. Jika pemecatan Gus Dur yang selama ini dilakukan itu karena Gus Dur Lebih tahu tujuan bulus mereka ( yg dipecat ). Jika kita memandang tindakan Gus Dus itu lucu, itu dikarenakan kita termakan atau hanyut terhadap politik mereka ( yg dipecat ). jika itu yang terjadi kita manusia kurang wawasan, kurang belajar, kita Goblok. Masak, Kita Tokoh lokal memahami tindakan tokoh internasional semacam Gus Dur hanya dipahami dg konteks empirisnya saja.

News Feed