KOMUNITAS SYIAH DAN DINAMIKA TERKINI DI TANAH AIR

Komunitas Syiah menjunjung tinggi kepatuhan vertikal (Allah, Nabi dan Ahlulbait) juga kepatuhan horisontal (Konstitus kontrak sosial). Karena itu setiap individu Syiah bebas dengan pertanggungjawaban personal dalam menyikapi dinamika politik dan sosial di Tanah Air. Banyak individu yang dikenal bermazhab Syiah bersilang pandangan dan sikap terhadap berbagai dinamika sosial dan politik.

Karena itu pula ABI, sebagai organisasi yang menjadi payung bagi sebagian individu Syiah yang menjadi anggotanya tidak menginstruksikan sikap spesifik. Organisasi ini tidak akan memihak kubu politik manapun sembari mengutamakan keutuhan umat dan bangsa di bawah Pancasila sebagai asas berbangsa dan bernegara dan UUD.

Meski membebaskan, ABI menghimbau seluruh anggotanya juga komunitas Syiah secara umum bersikap proporsional terhadap dinamika politik dan sosial baik berupa pro maupun kontra dengan mematuhi seluruh aruran hukum yang berlaku.

Atas dasar itu, langkah, sikap dan pernyataan (dukungan atau kritik atau penolakan) seserang atau beberapa orang yang dianggap ustadz atau tokoh Syiah harus dipandang sebagai insiasi personal yang merupakan hak konstitusionalnya sebagai warga negara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed