Lagi, Konflik Muslim-Kristen di Mesir

Ratusan warga Kristen Gubti di propinsi al-Manya melakukan unjuk raa sebagai protes atas aksi represi terhadap Dir Al-Anba’ Abu Fana. Pemerintah propinsi Manya menepis isu yang menyebutkan bahwa aksi protes tersebut sebagai indikasi ketegangan sektarian.

Dalam demo tersebut, tujuh warga Kristen Mesir cedera saat dihalau oleh aparat keamanan setelah bentrok antara warga Muslim dan Kristen di wilayar Dir yang mengakibatkan empat warga Kristen luka dan satu warga Muslim tewas.

Dalam demo yang diikuti lebih dari 300 warga Kristen tersebut polisi berusaha membubarkan dengan menyemprotkan water canon. Mereka kesal karena menduga aparat dan otoritas Propinsi tidak sungguh-sungguh melindungi warga Kristen .

Tahun lalu sebanyak 15 orang mengalami luka dan 35 orang ditahan aparat keamanan di Dir dekat propinsi Manya sebagai buntut dari sengketa tanah dengan warga Muslim.

Jumlah warga Kristen Qubti di Mesir mencapai antara 6% sampai 10% dari total penduduk Mesir yang berjumlah 80 juta. (aljazeera.net)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed