KRITIK TAJAM

Kritik pedas

Kritik pedas tak selalu negatif, dan kritik halus tak mesti efektif bergantung kepada ragam faktor, subjek, objek, tujuan, alasan, tempat, waktu dan lainnya.

Kadang kritik pedas perlu dilakukan tidak untuk menyadarkan pihak terkritik tapi demi menyelamatkan banyak pihak yang punya kesamaan tertentu dengannya dari generalisasi stigma negatif yang sangat mungkin muncul sebagai rekasi atas sikap dan pernyataan tak patutnya.

Kadang diksi pedas dalam sebuah kritik terhadap pernyataan serampangan perlu dipilih agar sepadan dengannya demi meyakinkan bahwa pelakunya tidak punya hak istimewa yang membuatnya kebal dari konsekuensi perbuatannya.

Kadang diksi radikal dengan makna khusus oleh seseorang yang tak pernah menggunakannya karena posisi sosialnya dalam sebuah kritik terhadap pernyataan seseorang yang memajang sebuah atribut yang juga disandang oleh banyak orang sebagai identitas kolektif korp atau komunitas tertentu dipilih demi membalikkan dan membubarkan upaya penggiringan opini oleh pihak yang memanfaatkannya.

Kadang diksi pedas dalam sebuah kritik terhadap pernyataan serampangan seorang yang memamerlukan atribut mulia dalam prilaku negatif perlu dipilih demi mempertahankan dan melindungi kemuliaan atribut itu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed