Kronologi Konflik Internal Palestina

2006

-25Januari: Kelompok Hamas menang pemilu parlemen yang sebelumnya didominasi Fatah yang didirikan pemimpin legendaris Palestina, Yasser Arafat. Israel, Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya yang sebelumnya menuding Hamas sebagai teroris, menolak menerima pemerintahan Hamas tapi memelihara hubungan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

-28Maret: Pemerintah Hamas diambil sumpahnya dipimpin Perdana Menteri Ismail Haniyah. Barat belakangan memotong dana bantuan, memicu kekuatiran kolapsnya ekonomi di wilayah Palestina. Hamas kukuh dalam pendiriannya menolak negara Israel dan kesepakatan perdamaian sementara serta ogah mengurangi cara-cara kekerasan.

-28Juni: Israel lancarkan serbuan masfi ke Jalur Gaza setelah satu tentaranya ditahan militan Palestina. Lusinan pejabat Hamas, termasuk para menteri dan wakilnya ditangkap Israel. Ofensif ke Gaza itu beberapa bulan kemudian dibayangi perang antara Israel dengan kelompok militan Hizbullah di Libanon.

-2September: Para petugas sipil di teritori Palestina mulai mogok karena gajinya berbulan-bulan tak dibayar.

-1Oktober: Delapan orang tewas saat kekerasan meletup antara faksi Hamas dan Fatah, dipicu perundingan pembentukan pemerintahan bersatu.

-1-7November: Israel menyerbu utara Gaza yang menewaskan sedikitnya 56 orang Palestina, mayoritas sipil. Akhir bulan, perundingan pemerintah bersatu mandek.

-11-16Desember: Sedikitnya 20 warga terbunuh dalam bentrok baru setelah Abbas mengumumkan pada 16 Desember bahwa ia bakal mendesak pemilu baru.

-23Desember: Perdana Menteri Israel Ehud Olmert bertemu Mahmud Abbas. Israel berjanji menyalurkan dana buat Palestina, bertujuan melanjutkan perundingan proses perdamaian Timur Tengah.

2007

-4Januari: Bentrok berdarah antar Palestina meletup lagi yang menewaskan 13 orang.

-13Januari: Pegawai sipil mengakhiri mogok panjang.

-21Januari: Abbas bertemu pemimpin Hamas di pengasingan Khaled Meshaal di Damaskus, Suriah, tapi mereka gagal mencapai kesepakatan atas pemerintah bersatu.

-25Januari: Bentrok meledak lagi dan baku tembak berlanjut hingga awal Februari yang mengabaikan seruan banyak pihak agar tenang.

-2Februari: Empat kuartet Timur Tengah bertemu dan setuju mempercepat upaya menuju penciptaan sebuah negara Palestina.

-4Februari: Gencatan senjata Gaza muncul setelah bentrok yang telah menewaskan sekitar 100 warga Palestina dalam dua bulan terakhir.

-7Februari: Para pemimpin Palestina yang berlawanan bertemu di kota Mekkah, Arab Saudi sesuai undangan Raja Arab Saudi Abdullah.

-8Februari: Kedua belah pihak meneken perjanjian komprehensif buat Haniyah menyusun pemerintah bersatu setelah pencapaian kesepakatan atas pembagian pos-pos kementrian

Feb. 19, 2007: Pertemuan Trilateral antara Israel-Palestina-AS yang masing-masing diwakili PM Ehud Olmert, Presiden Mahmoud Abbas, dan Menlu Condoleezza Rice berakhir tanpa hasil yang jelas.

June 2007 Hamas dan Fatah saling ‘mengkudeta’, baik di Jalur Gaza maupun Tepi Barat. Presiden Mahmoud Abbas membubarkan pemerintahan bersatu pimpinan PM Haniyah dan membentuk pemerintahan darurat di bawah Salam Fayyand, tetapi PM Haniyah bersikukuh menyatakan bahwa pemerintahannya masih berkuasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 comments

  1. ah dulu Palestina vs Israel .. lha sekarang Hamas vs Fatah vs Israel ??? mbok ya bersatu! kalau saja Yasser Arafat masih hidup beliau pasti menangis melihat bangsanya saling membunuh ..

  2. Bersatu dengan israel??? Sori ye!!, sampe lebaran monyet juga kita tidak akan bersatu dengan israel!!

    apa yang diperebutkan oleh HAMAS dan Fatah? Pemenang dari persaingan itu hanya akan mendapatkan sebuah pemerintahan yang selalu dibawah tekanan AS dan ISrael. NEgara palestina merdeka hanyalah skenario musuh. MEreka bersaing untuk menjadi pemerintah semu. Pemenrintahan ini tidak akan berjalan berlawanan dengan kepentingan musuh.

    Lebih baik, HAMAS tegas mendeklarasikan negara islam. InsyaAllah banyak kaum muslmin yang akan mendukung. Daripada perang nggak jelas sama Fatah, dan terancam dihabisi oleh israel, lebih baik perang habis-habisan saja sekalian di bawah bendera islam!

  3. Mengakui Israel sbagai negara yg sah di Timur Tengah adalah tidak mungkin. Melawan Israel dengan semangat reaktif juga nihil. Semestinya kita harus menyelesaikan persoalan internal sesama kaum muslim, dimana kekuatan dan visi-misi umat islam terhadap Palestin sangat terkotak6kota, masuk dalam skenario musuh. Musuh sendiri dengan rapinya bersekutu untuk tujuan tujuan mereka. Kebenaran yang tidak terorganisir dengan rapi akan dikalahkan dengan oleh kebatilan yang terorganisir rapi (Imam Ali as).

  4. mengapa umat Islam harus takut dengan bayang-bayang negara eropa, ketika umat yg menjadi saudaranya harus menderita demi membela agamanya. Bukannya Islam adalah sebuah jalan, dimana akhir sebuah jalan itu adalah islam.
    berfikir utk cinta dgn agama kita itu pasti baik, apalagi kita mulai dr sekarang !

  5. knapa umat islam masih mematung diatas penderitaan saudara sendiri padahal mereka telah menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri penderitaan saudara mereka di palestina yang di zholimi oleh para zionisme yang tidak tau malu siapa lagi kalau bukan negara israel.
    menurut saya israel tidak ada bedanya dengan lembu gila yang tidak harus lari kman, mungkin mereka tidak memiliki kandang sekarang makanya mereka ingin masuk ke kandang orang lain…lembu yang begini biasanya harus di bawa ke dokter hewan biar sakit nya gak kambuh lagi.60 tahun sudah lembu ini menderita penyakit ini. mudah- mudahan allah menyembuhkan penyakit mereka

  6. ALLAHU AKBAR…………………ALLAHU AKBAR………………..
    PARA PEJUANG PALESTINA DAN UMAT ISLAM DI SELURUH DUNIA TETAPLAH DI JALAN ALLAH…………………..
    PERANGI MUSUH ALLAH “ISRAEL LAKNATULLAH…………….”
    ALLAHU AKBAR………………………………………

  7. allohu akbar, maju terus hamas untuk kebenaran di muka bumi, jauhkan segala kemungkaran yang di buat israel dan koloni2nya,ingat mati syahid adalah mati yang di dambakan oleh setiap orang muslim, kullun nafsin jaikatul maut, setiap makhluk hidup di muka bumi ini pasti akan mengalami mati,allohu akbar………… allohu akbar……… kepada umat muslim di seluruh dunia mari kita doakan saudara2 kita yang ada di bumi palestina semoga diberikan kesabaran,kekuatan dalam menegakkan kebenaran,mereka israel takut karenadi bumi palestina terdapat 3000 anak2 yang hapal al quranul karim, sehingga mereka israel laknatullah takut akan kebesaran dan kebenaran yang di bawa islam

  8. amerika akan berteriak “demi tegaknya demokrasi” apabila itu menguntungkan bg mereka…..
    namun mengenyampingkan nilai-nilai demokrasi apabila itu merugikan bg mereka……
    lalu apa yg amerika perjuangkan? apakah demokrasi?……

  9. mana mungkin maju bila msh di pimpin abass, ABAS (Anggota Boneka Amerika Serikat) …suatu saat nanti U.S akan jd negara amerika syarikat islam

  10. gw mau jadi hamas …. natai israel ….!!!!!!!!!!!
    gampang ajh … yang di bantai tuh jgn militer nya … cm org bego yg ky gtu …
    tapi …. rajanya !!!!!!
    sama ancurin tembok yerrusalem … biar kg bs ibadah dy ma tembok …hahahaha aneh tembok … emg kita di buat dri tembok ap?? aduh booo cpe deh … org gila kale…

News Feed