Kronologi Serangan Israel atas Gaza

Israel terus melancarkan operasi di Jalur Gaza pada hari kedua, Ahad, sedangkan gerilyawan Palestina menembakkan roket-roket makin dalam ke wilayah Israel selatan.

Serangan-serangan udara Israel itu telah menewaskan sedikitnya 298 warga Palestina, sekitar 180 di antara mereka adalah pejabat keamanan gerilyawan HAMAS.Roket Palestina menewaskan seorang warga Israel.

Berikut ini adalah perkembangan pertempuran itu hingga Ahad pukul 23:00 GMT (Senin, pukul 6:00 WIB): (tanda bintang adalah perkembangan terkini) sebagaimana dilaporkan Reuters.

* Jalur Gaza – HAMAS mengatakan serangan udara Israel pada waktu maghrib menghancurkan sebuah gedung laboratorium di Universitas Islam, suatu simbol kebudayaan penting HAMAS. Israel menuduh HAMAS menggunakan fasilitas laboratorium itu untuk mengembangkan bahan peledak.

* BEERSHEBA – Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak kepada para komandannya di markas besar militer mengatakan serangan itu adalah “buka-tutup”, dan menambahkan, “angkatan darat Israel akan terus bertindak hingga mencapai tujuan.”

JALUR GAZA – Serangan udara Israel dengan sasaran-sasaran gedung kepolisian di kamp pengungsi di dekat Kota Gaza, mencederai empat polisi HAMAS, kata sumber medis.

Serangan itu terjadi di dekat blok kediaman Kepala Pemerintah HAMAS Ismail Haniyeh di Jalur Gaza.

MESIR/PERBATASAN JALUR GAZA – Puluhan warga Palestina menyeberang ke wilayah Mesir dari Gaza, sementara polisi anti-huruhara Mesir melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk menghalau mereka kembali ke Jalur Gaza. Beberapa warga Palestina menggunakan buldozer dan bahan peledak untuk meruntuhkan bagian-bagian tembok perbatasan.

Para pejabat keamanan Mesir mengatakan 40 warga Palestina telah ditangkap setelah mereka menyerbu ke dalam wilayah Mesir.

JALUR GAZA/PERBATASAN MESIR – Pesawat tempur Israel membom sebanyak 40 terowongan penyelundupan di bagian selatan Jalur Gaza, bagian dari jaringan penyelundupan senjata yang dilakukan di bawah tanah yang berbatasan dengan Mesir, dan tempat penghubung HAMAS di Jalur Gaza dengan dunia luar.

Serangan bom Israel juga menghancurkan markas-markas regional HAMAS, mencederai beberapa polisi.

JALUR GAZA – Serangan udara terpisah dengan sasaran sebuah mobil yang sedang dalam perjalanan di bagian utara Jalur Gaza dan menghancurkan sebuah gedung keamanan HAMAS di pesisir pantai selatan Gaza.

ISRAEL/PERBATASAN JALUR GAZA – Tank-tank Israel dikerahkan ke perbatasan Jalur Gaza dalam persiapan untuk kemungkinan serangan darat ke wilayah itu.

Kabinet Perdana Menteri Israel Ehud Olmert telah menyetujui pengerahan 6.500 tentara cadangan.

JALUR GAZA – Serangan udara Israel telah menghancurkan banyak komplek keamanan HAMAS di Jalur Gaza, tempat penjara ratusan tahanan, menewaskan sedikitnya empat aparat keamanan HAMAS.

JALUR GAZA – Israel melancarkan serangan udara di dekat kantor Perdana Menteri HAMAS, Ismail Haniyeh, di Jalur Gaza. Haniyeh tidak berada di kantor saat serangan itu terjadi, dan tidak ada laporan terjadi kerusakan.

GAN YAVNE, Israel – HAMAS menembakkan 80 roket, salah satunya menghantam kota Gan Yavne, sekitar 30Km di dalam wilayah Israel dari perbatasan Jalur Gaza, tidak terjadi kerusakan.

JALUR GAZA – Serangan udara Israel saat dinihari menghancurkan markas besar stasiun televisi HAMAS, Al-Aqsa. Tak lama setelah itu, stasiun itu kembali mengudara di lokasi yang tidak diketahui.

JALUR GAZA – Serentetan serangan udara dengan sasaran kendaraan-kendaraan, gedung-gedung pemerintah HAMAS, dan kantor kepolisian, menewaskan tiga warga Palestina dan puluhan orang lagi menderita luka-luka.(antara)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

35 comments

  1. memang prihatin dgn jatuhnya warga sipil, tapi bukannya hamas yang duluan tembak roket kepemukiman israel setelah genjatan senjata berakhir, dan hamas kan memang bersembunyi diantara para penduduk sipil, mis: di sekolah, rs, rumah ibadah, sekolah ,dll.
    bandingkan dengan penduduk sipil yang mati pada waktu amerika bom jepang, kok kita ga protes yah……soalnya kalo jepang pada waktu itu ga dibom kita ga akan merdeka2 kali yah…….

  2. Kekeransan sedang terjadi di GASA mari kita DOAKAN agar kedua bangsa dapat berdamai yang dalam TUHAN, karena mereka belum sadar apa yang meraka lakukan saat ini.

  3. israel,….
    laknatullah,…

    wahai saudaraku muslim,…
    yakinlah,…
    mari kita berjihad,….!!!
    bantuan allah akan tiba,…
    adzab allah akan tiba

  4. perang memang tak akan berakhir,jihad akan tetap ada sampai kiamat,semua manusia akan tetap mati,entah di tempat tidur atau dimedan pertempuran dengan jasad berkeping keping,kemulyaan adalah bagi mereka yang mati karena memerangi kebiadaban,sejarah telah mencatat sejak perang salib musuh islam biasa lebih banyak membunuh bila mereka menang dan mempunyai kekuatan,sedang islam meski tidak menafikan adanya pembunuhan dalam perang,tapi sejarah mencatat bahwa korban pertempuran2 yang dilakukan oleh kaum muslimin jauh lebih sedikit dibanding perang perang yang dilakukan oleh orang non islam.
    pasukan salib ketika menduduki yerusalem untuk pertama kalinya komandan mereka dengan bangga menulis kepada paus di eropa bahwa kuda kuda mereka telah merenangi lautan darah kaum muslimin sampai mata kakinya.dll.
    ketika al qaeda menyerang wtc dengan korban ribuang orang dunia memang terkesima.tapi apakah dunia juga sadar bahwa invasi amerika ke iraq telah membunuh ratusan ribu orang. dan jutaan lainnya menderita.dimana nurani dunia saat ini.dimana akal sehat?

    tapi itulah garis tuhan,bahwa kemenangan akan tetap berpihak kepada islam,dan dalam sejarahnya islam akan tetap teguh ditengah penindasan musuh musuhnya,justru islam menjadi lemah ketika berada ditangan muslim yang hidup mewah penuh kemakmuran,wallahu a’lam.meskipun islam tidak mengharamkan kemakmuran.

  5. Soalnya Israel itu penjajah, mereka nggak punya negara sendiri, lalu numpang bahkan merebut sebagian wilayah Palestina. Jadi wajar segala bentuk serangan yang dilakukan HAMAS ataupun FATAH ke Israel.

    Hanya 10 – 20 roket yang ditembakkan ke Israel itu masih belum seberapa daripada banjir darah yang ditumpahkan oleh Yahudi ketika pertama kali menduduki Palestina. Bahkan dengan sombong mereka menginjak-injak makam Salahuddin Al Ayubi. Berapa banyak wanita yang digantung di depan rumah-rumah mereka, berapa banyak anak-anak yang ditembak, dipenggal dan dibakar hidup-hidup di rumah mereka.

    Kalau sampai ada yang bersekutu dengan Israel, maka mereka benar-benar sejelek-jelek makhluk di muka bumi.

    Jadi serangan apapun yang dilakukan oleh Palestina adalah wajar. Yang tidak wajar itu kalau Israel yang sudah punya negara, yang sudah melakukan hal-hal yang buruk dan lebih buruk dari binatang, malah masih ingin mengotori tangan mereka dengan darah.

  6. Gimana mau mengalahkan Israel, mereka itu bangsa pejuang yg tangguh, saya pernah tinggal di kota Haifa, Israel, mahasiswa & mahasiswi ikut wajib militer. Mahasiswa perempuannya cantik-cantik, tapi dilatih menembakkan senapan M-16 ratusan kali, sampai bisa berenang di lautan selongsong peluru (Israel kaya, harga peluru yg mahal ga jadi soal demi melatih pemuda-pemudinya) sampai mereka seperti terkena parkinson & bergetar tangannya sebab getaran senapan ribuan kali sehari, merangkak, tiarap, dengan topi baja di kepala, latihan bela diri, memukul dengan sekuat tenaga & sepenuh hati. Senapan2 itu kelihatan kebesaran bagi tubuh-tubuh perempuan Israel, tapi setelah beberapa lama latihan, mereka menjelma jadi penembak-penembak yg unggul, itu perempuan lho, rakyat sipil lagi… gimana laki-lakinya, gimana tentara profesionalnya, gimana pasukan khususnya yg tersohor itu?, ga tau deh, mereka penuh rahasia sih…

  7. saya seorang pelajar aja gundah melihat perlakuan-perlakuan orang-orang israel yang keji! para anak kecil yang tidak tahu apa-apa menjadi korban… para anak kecil ga berdosa! dimana otak mereka.. ISRAEL, satu sebutan untuk kamu.. BEDEBAH! wahai saudara-saudara muslim.. yakinlah kebenaran akan selalu dirahmati oleh allah.

  8. Israel menyerarang umat Muslim Palestina, pemerintah RI hanya mengirim obat-obatan dan sedikit duit. Tetapi ketika Imam Samudra cs membom kaum kafir Australia dan kawan-kawannya, Imam Samudra cs ditembak mati.
    Ketika FPI berselisih dengan kaum kafir AKBB dan kawan-kawannya, pemerintah RI hanya menangkap pihak FPI saja.
    Pemerintah RI memang bukan pemerintah Islam alias pemerintah kafir, pasti lebih cenderung membela kaum kafir (musyrikin).
    Semoga Allah memberi pertolongan kepada kaum yang dianiaya oleh orang-orang kafir. Pertolongan Allah adalah lebih baik daripada pertolongan apapun.
    Allahu akbar……

  9. Toni,

    KAMU AGAMA APA ?
    BERANI SEKALI KAMU MENGHINA HAMAS

    BLOOD U

    ML: Saya tidak tahu arah comment ini kemana? Mudah2an tdk ditujukan kepada pemilik blog yang sangat pro Hamas.

  10. alangkah brutalnya serangan israel ke palestina itu, bukan hanya suatu konflik kepentingan semata melainkan telah masuk kedalam tindak kejahatan perang, karena telah banyak memakan korban penduduk sipil diantaranya kaum perempuan, anak2, dan orang tua.
    namun sebaiknya qta para muslimin, jangan bertindak terlalu jauh dalam menyikapi perang tersebut. seharusnya yang musti bertindak itu adalah para diplomat qta yang harus lebih cermat dalam menyikapi kasus tersebut. jangan menurunkan pasukan jihad terlebih dahulu, biar para diplomat qta dahulu berdiplomasi dengan seluruh negara2 islam di dunia terlbih utama dengan negara arab.
    saya berpikir lebih jauh, jika seluruh warga muslim bersatu, mungkin akan menyelesaikan konflik di jalur gaza, namun apakah qta siap untuk menghadapi perang selanjutnya, karena menurut saya dengan diawali perang2 kecil tidak menutup kemungkinan akan menyulut perang global, dan akan lebih menimbulkan banyak korban jiwa.
    juga. menurut saya awal mula perang dunia ketiga dimulai dikawasan timur tengah, yang pada akhirnya berujung pada perang agama,
    semoga itu tidak akan pernah terjadi.
    another way to ending war without force

  11. udah tau banyak penduduk sipil, wanita bahkan ANAk2……. masih aja dirudal…. emang dasar gak punya hati!

    @ Toni
    kalau Jepang gak diBom USA, sejarah akan beda
    kemungkinan 1:
    Indonesia akan menerima kemerdkaan dari Jepang suatu hari, tentu saja dengan jalan diplomatik (seperti Malaysia menerima kemerdekaan dari British)

    kemungkinan 2:
    para ekstrimis pejuang Indonesia berJihad mati2an melakuakn perang fontal dengan Jepang

    atau mungkin masih banyak kemungkinan2 lainnnya…

  12. Ini lah nmanya awal sebuah peperangan terbesar sejagat,marilah semua umat Islam sedunia kita mulai preodi babak baru sperti yg di ramalkan oleh Rasullullah.ini lah saatnya umat Islam bersatu berperang melawan musuh2 kafir Israel plus Amerila..Allahuakbaar…serbuu..

  13. bangsat,bedebah,dancox,ghatel…..!!!!! Itu ungkapan yang pantes buat israel…!! Ya ALLAH aku mohon datangkan ”LAKNATMU” YA ALLAH….!!!! Sudah terlalu banyak berjatuhan korban yang mungkin tidak berdosa, sudah terlalu banyak anak2, ibu2 yang menjadi korban kebiadapan israel…… ISRAEL FUCK U……………””””

  14. bangsat,bedebah,dancox,ghatel,bajingan…..!!!!! Itu ungkapan yang pantes buat israel…!! Ya ALLAH aku mohon datangkan ”LAKNATMU” YA ALLAH….!!!! Sudah terlalu banyak berjatuhan korban yang mungkin tidak berdosa, sudah terlalu banyak anak2, ibu2 yang menjadi korban kebiadapan israel…… ISRAEL FUCK U……………””””

  15. masa nya mengutuk dan menghinda israel sudahi dulu,,toh ga di hina ama di kutuk pun israel udah terkutuk dan hina,,semua negara tau itu,,sekarang saat nya kita bejuang ato jihad di perdagangan (ekonomi).. saya ingin saudara muslim yang mengutuk dan menghina israel bisa menjadi orang yang sukses dan berguna bagi bangsa ini,,sehingga dengan banyak nya orang2 yang sukses dan pintar, kita bisa membantu lebih banyak lagi buat saudara kita muslim di palestina di banding kan dengan mengutuk dan menghina,,israel kuat karena di dukung oleh amerika yang mempunyai perekonomian yang hebat,, seandai negara kita bisa menguasai perekonomian dunia, dan negara kita membantu palestina,,, mungkin israel ga ada apa2 nya di mana kita dan palestina..bangkit saudaraku,,jangan hanya mengutuk dan menghina.

  16. sungguh kejam Israel.
    Gw kira di dunia ini ga ada negara yang sekejam itu eh…..ternyata ada, memang tentara Israel ga punya rasa kemanusiaan.

    Kenapa selalu yang jadi korban warga sipil……..

  17. Masalah persengketaan tanah antara warga Muslim & Yahudi di Pelestin bermula pada saat Daulah Khilafah Usmaniyah di Turki mengalami kehancuran akibat propaganda kafir Barat.
    Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Teodhore Hertz dkk yang menghasut warga Yahudi agar menguasai tanah Palestin.
    Cara paling efektif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah mengembalikan hak pengelolaan tanah tersebut kepada pemilik terakhir yang sah, yaitu Daulah Khilafah.
    Tanah Palestin adalah tanah wakaf yang diserahkan secara ikhlas dari pemilik sebelumnya kepada Khalifah Umar ra. & kemudian dibebaskan kembali dari tangan penjajah oleh Khalifah Muhammad al Fatih.
    Bisa saja saudara Muslim kita di Pelestin lari & mengungsi ke negara lain agar selamat, namun hal itu tidak mereka lakukan, karena mereka telah bersumpah untuk merelakan jiwa mereka guna melindungi tanah wakaf milik Daulah Khilafah, hingga Daulah Khilafah bangkit kembali.
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, relakah kalian berlama-lama membiarkan penderitaan saudara muslim kita di Palestin terus berlarut-larut?
    Wahai Saudara Muslim di manapun juga, marilah kita tegakkan Khilafah sekarang juga!
    Agar Saudara kita, baik umat Muslim maupun Yahudi, dapat kembali berdamai seperti sedia kala!
    Agar berbagai masalah yang melanda kita saat ini dapat teratasi!
    Dan yang terpenting, agar hukum Allah dapat ditegakkan kembali di muka bumi ini!

  18. Israel mengganyang Palestina, saya hanya bisa berkomentar:
    Nama saya persis sama dengan IMAM SAMUDRA yang dihukum mati Pemerintah RI, tapi saya bukan seorang mujahid seperti dia. IMAM SAMUDRA musuh Israel/Yahudi/Amerika, dia berjuang, berjihad dengan harta dan jiwanya seperti diperintahkan Allah dalam Al-Qur’an. Saya tak ada kemampuan untuk meniru IMAM SAMUDRA. Saya hanya menyesalkan: Kenapa Pemerintah RI membunuh rakyatnya yang berjihad sesuai perintah Allah dalam Al-Qur’an?!
    Saya pynya kesimpulan: “Pemerintah RI sedang meninggikan UUD 45 dan Pancasila melebihi ketinggian Al-Qur’an”.
    Al-Qur’an dari Allah yang Maha Kuasa, UUD 45 dan Pancasila dari para Penguasa RI yang kemaruk (serakah), mereka mempersekutukan (menyamakan) Allah dengan manusia – bahkan manusia kemaruk. Allah mengistilahkan orang-orang macam demikian di dalam Al-Quran sebagai kaum Musyrikin, dan Allah menerangkan bahwa tempat kembali mereka adalah Neraka Jahanam, seburuk-buruk tempat kembali.
    Seperti Firaun dan kaumnya (mari kita baca lagi keterangannya dalam Kitab Suci Al-Qur’an!).
    Semoga Allah memberi rahmat dan ampunan kepada orang-orang yang senantiasa berserahdiri kepadaNYA …..

  19. Israel itu sdh sejak dari dlu jd manusia pembangkang keras kepala mengikuti nenek moyangnya Yahudi tujuh turunan di laknat sebagai pembangkang.suka perang,kejam,sadis,gila dan licik.tidak berbelas kasihan.penjahat nomr satu dunia.

  20. eh………gw ga ngerti masalahnya israel tuch gimana jalan ceritanya??

    kalo boleh indonesia jangan kek gitu ya????
    penjajahan di atas dunia harus dihapuskan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan keadilan.

  21. eh ngerumpiin israel ya?????? tar ketauan bisa di BOM lho……..mau?

    indonesia jangan seperti itu ya?
    oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus di hapuskan, karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan keadilan.

  22. israel memang kejam, tapi mungkin terdapat banyak makna di balik sebuah peperengan……
    contoh: akibat adanya perang ini masyarakat baik islam mauput nonislam sedunia barsatu danb dpt merasakan hal yg sama, setidaknya mamberikan untuk mambantu warga palestina…….

    akibat kejadian ini pula masyarakat menjadi lebih dekat dgn allah dan selalu berdo’a padanya dan bukankah allah sangat senag pd hambanya yg selalu meminta pdnya…….

    mungkin itu alasan allah menurunkan perang ini agar manusia tidak melupakan allah

  23. Perlu anda ketahui siapakh terores yg sbenarnya di dunia ini? Jwbnya ialah Zionis israel yg bersembunyi di belakang punggung Amerika.dan Amerika sombong hndk menguasai dunia,dengan licik menuduh kaum muslimin terores.menbutakan mata mengikat dengan damai pdahal menjerat leher,supaya bisa melewati singa-singa pdang pasir yg ganas.membunuh satu persatu dr belakang.hai kaum muslimin waspadalah dngan tipu muslihat mereka.Bersatulah jangan terbuai dengan umpan mereka.smoga kita dpt kemenangan.

  24. Ayo kita bunuh israil le sampe ke tel aviv kita bantai semua. Ayo kecam mesir dan arab saudi negara anjing amerika yang takut membantu saudara kita.

  25. Serangan Israel ke Jalur Gaza merupakan salah satu kenyataan kekejaman Israel terhadap Palestina, yang berarti pula kekejian Yahudi dan Nasoro terhadap kaum Muslim.

    Kaum Muslim di seluruh dunia terkenal dengan ketidakkompakannya dalam melawan Yahudi dan Nasoro. Tentu ini merupakan salah satu kesempatan Yahudi dan Nasoro untuk terus mengobarkan kebenciannya terhadap kaum Muslim.

    Kaum Yahudi (Israel) dan kaum Nasoro (Amerika) telah sukses mencengkramkan pengaruhnya sampai jauh ke dalam relung-relung hati kaum Muslim yang hatinya bimbang, tidak ikhlas kepada Allah dan RosulNYA di seluruh dunia. Jadi kalau kaum Yahudi dan Nasoro melakukan sedikit saja gerakan, kaum Muslim sudah kalangkabut, kacau balau, kehilangan kepercayaan diri, karena kebanyakan telah ingkar kepada Allah dan RosulNYA.

    Contoh kasus yang nyata di Indonesia, begitu kaum Yahudi dan Nasoro memerintahkan agar musuh-musuhnya seperti Imam Samudra cs untuk dimusnahkan, pemerintah RI yang menjadi hamba Yahudi dan Nasoro segera melaksanakannya, walaupun Imam Samudra, Amrozi dan Mukhlas itu adalah rakyat Indonesia, tapi demi melaksanakan perintah tuannya, pemerintah RI segera saja melaksanakannya. Suatu kesetiaan hamba kepada tuannya.

    Orang-orang yang menghamba kepada Yahudi dan Nasoro, kelak akan bersama-sama dengannya di dalam neraka jahanam. Sebaliknya, para mujahid yang menghamba kepada Allah, kelak Allah memasukkan mereka ke dalam surgaNYA.

    Sebagai orang yang mengaku Islam kita diminta kepastian: Apakah kita mau mengikuti Yahudi, Nasoro, Pemerintah RI dan kawan-kawannya masuk kedalam neraka; atau mengikuti paramujahid Allah masuk ke dalam surga.

    Semoga Allah memberikan rahmat dan ampunan kepada hambaNYA yang senantiasa ikhlas………

  26. Semoga saudaraku kaum muslimin bersatu padu semua,ingatlah nikmat Allah yg di berikan kpda kmu supaya kmu bersyukur.dan jnganlah sekali2 kmu duduk mkan bersama orang-orng musyrikin.sehingga kmu terpedaya oleh tipuannya.sesungguhnya di balik kebaikan mereka tersembunyi tipuan kejahatan mereka.sehingga kamu menuruti hawa nafsunya.jangan pernah berharap pertolongan kaum kafir sesungguhnya mereka adalah musuh yg paling nyata.ingatlah!! Allah akan membalas tipu daya mereka.whai saudaraku kaum muslimin peganglah

  27. Allahuakbar…wahai saudaraku kaum Muslimin.ketahuilah untukmu.orang2 kafir tdk suka melihat umat Islam bersatu sehingga kamu mengikuti mereka.dengan jalan sinetron mereka membodohkn umat Islam.dengan pendekatan mereka kelabui umat.waspadalah!! saudaraku.

News Feed