Kurang Ajar! Kartun Nabi Muhammad Dicetak Lagi

Surat kabar ternama di Denmark kembali mencetak ulang karikatur Nabi Muhammad, yang dua tahun lalu sempat memicu kemarahan Muslim dunia.

Surat kabar itu menyatakan ingin menunjukkan komitmen mereka atas kebebasan berbicara, setelah Selasa kemarin menahan tiga orang yang dituduh sebagai perencana pembunuhan penggambar kartun itu.

Gambar kontroversial itu menunjukkan Nabi Muhammad mengenakan sorban yang berbentuk bom dengan sumbu yang menyala.

Gambar yang dibuat Kurt Westergaard dan 11 kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad itu sangat membuat marah umat Islam di seluruh dunia dua tahun lalu, ketika mereka muncul di sejumlah surat kabar di negara-negara Barat.

Seperti diketahui, hukum Islam melarang segala penggambaran Nabi Muhammad.

Harian Jyllands-Posten, yang pertama kali menerbitkan 12 gambar itu pada 30 September 2005, kembali mencetak itu pada edisi hari ini, Rabu (12/2/2008). Harian Politiken dan Berlingske Tidende juga mencetaknya.

“Kami melakukan ini sebagai dukungan kebebasan berbicara yang akan kami pertahankan sebagai sebuah surat kabar,” ujar Berlingske Tidende yang berbasis di Copenhagen.

Bahkan, tabloid Ekstra Bladet mencetak ulang seluruh 12 gambar itu.

Sedikitnya tiga harian di Eropa, yaitu di Swedia, Belanda, dan Spanyol, juga mencetak gambar itu sebagai kover penangkapan terhadap tiga orang tersebut.

Keputusan dari surat kabar di Denmark itu merespons penangkapan dua warga Tunisia dan seorang warga Denmark keturunan Maroko yang merencanakan pembunuhan Westergaard.

“Warga Denmark itu dibebaskan setelah diinterogasi,” ujar Henning Lyngsbo, kuasa hukumnya. “Dia tidak tahu tentang kasus itu,” ujar Lyngsbo kepada Associated Press.

Kepala badan intelijen Jakob Scharf telah mengatakan pria itu dapat dibebaskan, namun masih dapat dikenai tuduhan melanggar hukum teror Denmark. Sedangkan dua warga Tunisia akan dikeluarkan dari Denmark, karena dianggap mengancam keamanan nasional.

Pemimpin Muslim Denmark menyesalkan rencana pembunuhan itu. Dia juga menyesalkan pencetakan kembali gambar Westergaard itu.

Protes massal terjadi di seluruh dunia pada awal 2006, setelah publikasi 12 kartun itu. Bahkan, bendera Denmark dibakar di mana-mana, sebagai bentuk ungkapan kemarahan, seperti di Iran, Syiria, Lebanon, dan Indonesia. Bahkan, produk Denmark di sejumlah negara Muslim diboikot. (okezone/Rabu, 13 Februari 2008 – 19:37 wib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

  1. ini sudah suatu penghinaan. Yaa ALLAH mampukan saya untuk menghajar mereke – mereka yang kurang ajar kepada Nabi Mu dan keluarganya yang telah kau suci kan

  2. orang-orang kafir yang amat tidak suka dengan islam (setidaknya orang-orang yang bergabung dalam situs indonesia.faithfreedom.org), memahami Nabi Muhammad Saaw sebagai orang yang gila perang dan tuhannya orang islam Allah adalah dewa perang. bukannya tanpa dasar, mereka (menurut saya) mencomot hadist2 semisal hadis bukhari, Narrated Abu Huraira:

    Allah’s Apostle said, “I have been sent with the shortest expressions bearing the widest meanings, and I have been made victorious with terror (cast in the hearts of the enemy), and while I was sleeping, the keys of the treasures of the world were brought to me and put in my hand.” Abu Huraira added: Allah’s Apostle has left the world and now you, people, are bringing out those treasures (i.e. the Prophet did not benefit by them).
    dan dari alquran:
    [9.5] Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian. Jika mereka bertobat dan mendirikan salat (baca: masuk Islam) dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    yaa bgitulah mereka memahami islam dan nabi Muhammad..kita seharusnya tidak perlu kaget.
    saya juga kadang2 bingung, apakah kebencian mereka karena didalam hati mereka sudah hitam sehingga penjelasan model apapun tidak akan merubah kebencian mereka terhadap islam, atau sebaliknya, penjelasan itu tidak mereka dapati, atau tidak memuaskan mereka..
    saya bingung…

  3. tiap detik-menit-jam dst, kebencian terhadap kebenaran tdak akan melebihi kecepatan popularitas kemajuan islam itu sendiri dr berbagai bidang, sehingga musuh2 ALLAH swt hanya bisa menghadapinya dengan penghinaan2 yg hanya pantas disajikan oleh orang2 bodoh.

News Feed