Lecehkan Nabi lagi, Iran Protes Swedia

Departemen Luar Negeri Iran memanggil diplomat asal Swedia untuk melancarkan protes atas munculnya kartun Nabi Muhammad di sebuah media lokal. Dalam kartun itu digambarkan kepala Nabi Muhammad berada di badan seekor anjing.

“Gunilla von Bahr, pejabat urusan luar negeri Swedia, dipanggil departemen luar negeri Iran untuk menerima protes dari pemerintah Iran,” kata juru bicara kementerian luar negeri Swedia, Anna Bjorkander seperti dikutip dari AFP, Selasa (28/8/2007).

Pemerintah Iran menyatakan kartun yang berada di koran Nerikes Allehanda ini sebagai serangan terhadap Nabi Muhammad.

Kartun ini digambar oleh Lars Vilks. Lukisan karta Vilks ini memang sering menimbulkan kontroversi di Swedia. Bahkan sejumlah galeri menolak untuk menampilkan lukisan karya Vilks itu lantaran takut menimbulkan reaksi keras kaum Muslim.

Koran Nerikes Allehanda menjelaskan mempublikasikan salah satu karya Vilks tersebut pada 18 Agustus 2007. Penayangan ini diklaim sebagai salah satu tajuk dalam editorial yang bertema self-censorship dan menunjukkan kebebasan beragama.

“Editorial ini adalah kritik atas fakta bahwa banyak yang menyangsikan karya Vilks atas ketakutan dari reaksi yang akan ditimbulkan,” kata kepala editor Ulf Johansson kepada AFP.

Pada Sabtu 25 Agustus lalu, atau seminggu setelah publikasi, sekitar 60 warga muslim menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor koran tersebut. Mereka mempertanyakan atas kebijakan koran tersebut untuk menayangkan gambar karya Vilks tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Denmark juga pernah mengalami hal serupa setelah kemunculan 12 kartun Nabi Muhammad di koran Jyllands-Posten pada September 2005. Kemunculan ini menimbulkan aksi dari umat muslim sedunia dalam periode Januari hingga Februari 2006. (ary– detikcom- 28/08/2007 08:22 WIB

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed