Liga Paling Jeblok, tapi Paling Serem

Meski kualitas persepakbolaan kita tetap atau makin kedodoran, kualitas kericuhan dan kebrutalan suporternya lumayan dahsyat, bahkan melebihi liga-liga top dunia, seperti Inggris, Spanyol dan Itali.
Apa yang terjadi di Kediri dan Solo kemarin benar-benar memalukan. Kompetisi sepak bola Liga Indonesia X, kembali dinodai aksi kericuhan. Tragisnya kejadian tersebut tak hanya di level Divisi Utama, tapi juga Divisi I. Istirahat sebulan lamanya karena pemilu legislatif ternyata tidak cukup untuk menyadarkan semua yang terlibat di sepak bola.
Beragam kasus yang terjadi pada awal pertandingan setelah terhenti karena masa kampanye dan pemilu legislatif. Wasit yang dianggap kurang jeli dalam memimpin pertandingan, keberutalan penonton, adanya dugaan menggunakan pemain yang tidak ada dalam daftar susunan pemain.
Ada apa dengan sepak bola Indonesia? Entahlah. Yang jelas seluruh komponen seperti terhipnotis oleh budaya kericuhan. Tim tamu selalu merasa tidak puas dengan kepemimpinan wasit. Suporter tuan rumah belum bisa menerima dengan lapang dada jika tim kesayangannya kalah. Tak kalah menarik, tudingan PSSI terlalu dekat dengan salah satu klub. Sehingga ketika pemain sudah mendapat hukuman dari komdis, hukuman bisa lebih ringan lagi di tingkat komisi banding.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Penyebabnya tidak lebih karena penyelenggaraan liga ada didalam negeri coba kalau Arema ikut liga premier Inggris saya yakin tidak seperti potret diatas, brutal seolah sudah jadi budaya kita tidak hanya dipentas politik tapi juga dipentas bola karena pengurus bolanya juga pemain politik atau paling tidak bagian dari politik ?

  2. aji mumpung ato emang cari kendaraan politik, sampe masalah bola di isi orang2 politik. ada lo pengurus klub yg bagi2 kaos suporter dan tiket nonton gratis supaya suporter klub itu keliatan banyak ketika tim nya tanding. mana ada sportifitas dalam olahraga kalo politik ikut main2 didalamnya.
    Indonesia.. mau dibawa kemana yaa?

  3. Tanya: Antara Liga Inggris dengan Liga Italia manakah yang paling jelek dan tidak menarik?
    Jawab: Liga yang paling jelek dan tidak menarik bahkan memuakkan antara Liga Inggris dan Liga Italia adalah Liga sepakbola yg ada di Indonesia.

News Feed