Malaysia Tuding Media RI Tanamkan Kebencian

Media massa di Indonesia dituding menanamkan rasa kebencian publik terhadap Malaysia. Tudingan ini dilontarkan Datuk Dr Rahman Ismail, anggota parlemen Malaysia.

Karena itu, Rahman mendesak Kerajaan Malaysia mengambil tindakan segera untuk menghentikan itu.

Bagi menyekat tindakan media Indonesia menanamkan rasa benci di dalam hati rakyat negara itu terhadap Malaysia.

Rahman Ismail berkata, media Indonesia membesar-besarkan pelbagai isu kecil yang terjadi, seolah-olah Kerajaan serta rakyat Malaysia menindas rakyat Indonesia yang bekerja di Negeri Para Datuk itu.

“Tindakan media Indonesia yang memutarbelitkan fakta menyebabkan rakyat Indonesia mengadakan tunjuk perasaan di hadapan Kedutaan Malaysia di Jakarta walaupun isu itu hanya perkara kecil,” ujar dia dalam Bahasa Melayu, seperti dilansir utusan online, Rabu (24/10/2007).

“Ini kerana media Indonesia menanamkan rasa benci di kalangan rakyat negara berkenaan terhadap Malaysia,” katanya.

Kata dia, kalau persoalan ini tidak ditangani segera, dia mengkhawatirkan keadaan di masa mendatang.

“Walaupun hubungan di antara para pemimpin kedua-dua negara adalah baik tetapi di peringkat rakyat ia tidak baik”.

“Ahli-ahli (anggota) parlimen Indonesia pula melihat Malaysia sebagai sebuah negara yang sombong serta bongkak dan mereka sering menyatakan sekiranya tidak ada pekerja rakyat negara itu, tidak akan ada Menara Berkembar Petronas dan Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur (KLIA),” katanya.

Sehubungan dengan persoalan itu, Rahman mencetuskan adanya aktivitas bersama kedua negara. Selain itu, anggota parlemen kedua negara perlu sering bertemu untuk mempererat hubungan dan menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi.

“Mungkin ahli-ahli Parlimen kedua-dua buah negara boleh mengadakan pertemuan sebanyak enam kali setahun untuk meningkatkan hubungan kedua-dua buah negara,” katanya.

Sementara itu, Jimmy Donald, anggota parlemen Malaysia yang lain, mengatakan rakyat Indonesia tidak suka dipanggil dengan sebutan ‘mat indon’.

Namun Jimmy mengatakan, tidak ada niatan buruk di balik panggilan. Dia juga mengatakan perlunya penjelasan kepada rakyat Indonesia tentang panggilan itu.

“Mungkin kita perlu cari panggilan yang mereka suka dan tidak lagi menggunakan panggilan ‘mat indon’,” katanya. (okezone)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. Iktikad baik mereka muncul setelah pembelian perlengkapan tempur dan kritik pedas yang kita alamatkan kepada mereka, untuk itu para birokrat mesti sadar bahwa untuk dihargai orang kita harus menghargai rakyat kita sendiri dulu karena saudara serumpun yg notabene kita bina persahabatan ternyata bisa melibas kita setiap saat kalau posisi kita underdog…

  2. YA.. HARUS DITANEMIN DONX……KALO NGA DITANEMIN BAKAL DI SEBUT BANGSA APA’AN INDONESIA ? HABIS ORANGNYA DI UBER-UBER, DIGEBUKIN, DIRACUN, PULAU DI COLONG, PERBATASAN DI COLONG, BATIK DICOLONG, KAYU DI COLONG, LAGU DICOLONG. KALO NGA PUNYA RASA BENCI ITU NGA MANUSIAWI.. LAH KALO UDAH NGA JADI BANGSA YANG MANUSIAWI..JADI BANGSA APA DONX ? KAYANYA YANG PAS BUAT MENGAMBARKANYA ADALAH : “BANGSA BUDAK”

    MAUKAH ANDA DISEBUT “BANGSA BUDAK ?”

    HUEHEHE…SARAN ANE CUMAN SATU BUAT “KAUM ADAM” JIKA TERPAKSA HARUS BEPERGIAN KE MALAYSIAL…

    “TINGGALKAN MILIK ANDA YANG PALING BERHARGA DI RUMAH”

    SEBABNYA ????

    JIKA PIHAK DIRAJA MALAYSIAL TAU UKURAN ANDA TERMASUK “KING SIZE” ANDA JANGAN KAGET BAKAL DI SITA DAN DI DAFTARKAN HAK PATENTNYA ATAS NAMA
    ” NEGARA DIRAJAM MALAYSIAL”

    ANDA MAU ???????

    HUEHEHEHEHE…..

  3. Mbak Nilam, kalo menurut saya kalo malaysia gak mau di benci bubarin aja negaranya, lagian juga ada malaysia gak ada gunanya dimuka bumi ini. Merdekanya aja karena mengemis n menjilat penjajah, budaya gak punya, akhlak? apalagi jadi ya bubarin aja jangan jadiin negara tapi jadiin KLOMPENCAPIR MALAYSIA (Kelompok Banyak Bicara Gak Bisa Mikir). GANYAAAANG MALAYSIA

  4. malysia edan..”TAG SANTETI SIJI-SIJI”..bangsa indonesia g’ terima dumbh direndahin m malysial….”MALYSIA BANCI”…”BERANINYA DI BELAKANG….

  5. hanya butuh beberapa bulan untuk meratakan malaysia dengan tanah.. Tp Indonesia sadar sebab itu bisa memicu perang dunia ke-3 karena malaysia bersembunyi di ketiak ingris dan australia.. Indonesia banyak di respect negara di dunia antara lain, negara” dari asia Timur- timur tengah, amerika serikat, polandia dkk (uni soviet), itali, jerman, india, jepang, china dan bahkan di lingkup asia tenggara seperti Thailand, Fhilipina, Laos, Timor Leste, dan vietnam.. hanya brunei dan singapura yang mungkin akn mendukung malaysia sebab mereka berdua masuk dalam negara” persemakmuran inggris..

    Ganyang malaysia ! ! !

News Feed