Manfaat Sedotan

Saya mendapatkan beberapa posting terkait dengan musibah tersedak. Isinya mengerikan, lucu dan terkesan ngawur. Silakan dibaca…

Posting Pertama

Suatu ketika saya dengan teman-teman sedang makan sate. Kemudian seorang teman menyatakan betapa ia ngeri setiap melihat sate yang potongannya besar-besar. “Kenapa?” tanya saya.

“Saya ingat keponakan yang meninggal karena makan sate,” katanya. Dia bercerita, waktu itu sedang ada syukuran dengan makan-makan. Dia masih ingat melihat si kecil keponakannya yang berlari-lari sambil membawa sate. Usianya sekitar 4 tahun. Kemudian musibah datang. Anak kecil itu tercekik daging sate. Semua orang berusaha menolong. Anak itu dibalik, dipukul-pukul belakang lehernya (bahkan sampai biru-biru, kata dia sambil matanya berkaca-kaca) . Daging sate tak juga keluar. Lalu mereka mencari angkot untuk membawa anak itu ke rumah sakit. Dia masih melihat anak kecil itu tersengal-sengal menarik nafas di kendaraan. Pemandangan yang sungguh memilukan.

Tuhan berkehendak lain. Anak itu meninggal di perjalanan. Sampai di rumah sakit, petugas memberi tahu bahwa untuk mengeluarkan benda yang mencekik tenggorokan, cukup dengan memasukkan SEDOTAN MINUM ke kerongkongan. Lalu hisap sehingga benda itu menempel.. Lalu tarik.

Sesederhana itu. Menangislah semua orang. Betapa sederhananya untuk menyelamatkan nyawa. Betapa berharganya ilmu untuk menyelamatkan nyawa. KALAU ANAK ANDA TERCEKIK MAKANAN KENYAL, keluarkan PAKAI SEDOTAN!

Semoga lebih banyak jiwa yang terselamatkan dengan pengetahuan sederhana ini. Amin

Posting Kedua

Dear mas/mbak,

Saya juga dapet email ini dari temen kantor. Ini sedotan yg dimaksud apakah sedotan minuman yg biasa kita pake kalo minum minuman dalam kemasan?

Pernah nyoba gak ngambil potongan sate dari piring pake sedotan tsb? bisa terambilkah? .. ini jika tidak ada daya yg menahan, sedangkan jika tersedak maka akan ada daya yg menahan benda tsb di tenggorokan.

Kecuali jika sedotannya besar, bayangkan kalo saluran washtafel mampet kita akan pake alat yg prinsip kerjanya spt sedotan. Dari hasil short course P3K kemarin, Manuver Heimlich yg paling dianjurkan..

Selamat nyoba :), HJ

Posting Ketiga

Banyak cara untuk mengatasu gangguan tersedak, satu diantaranya adalah Manuver Heimlich. Cara ini digunakan untuk mengeluarkan suatu benda dari saluran pernapasan orang yang tersedak. Anda dapat mempraktikkan metode ini bail pada diri maupun pada orang lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda ke pinggangnya. Bungkukkan orang itu sedikit ke depan.

2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di bagian atas pusar korban.

3. Pegang erat-erat kepalan Anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat sambil mendorong cepat ke atas.

4. Ulangi tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban.

Kemudian bila harus melakukan tindakan ini pada diri sendiri:

  1. Kepalkan salah satu tangan Anda, letakkan sedikit di atas pusar.
  2. egang kepalan tangan Anda itu dengan tangan yang lain lalu tekan kuat-kuat ke arah atas sampai benda itu keluar.
  3. Anda juga bisa melakukan ini dengan bantuan dari sandaran sebuah kursi, tapi cara ini kurang dianjurkan. Lebih baik Anda minta bantuan orang lain.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. manuver heimlich ini sering dipraktekkan di filem2…makanya kalo nntn filem di perhatikan tu..heheh salah satunya ada di filem MRS doubtfire.
    kalo diluar, P3K seperti ini jadi pelajaran dasar…
    thanks pa ust.

  2. Langkah pertama adalah jangan lalai biarkan anak-anak memakan makanan yg ukurannya tidak sesuai dgn anak tsb, jangan biarkan anak-anak makan sambil berlarian. Intinya jangan lalai sebelum terjadi sesuatu yg fatal

News Feed