Mau Pasang Iklan di Blog Anda?

Memang tidak semua blogger ingin kalau blog-nya dipasangi iklan. Apalagi kalau iklannya itu berupa banner besar-besar, sudah pasti dihindari oleh para blogger. Umumnya, iklan yang sering muncul di blog adalah Google AdSense. Tapi, benarkah efektif memasang AdSense di blog-blog Indonesia?

AdSense hanya bisa berfungsi dengan lebih benar kalau bahasa yang digunakan dalam blog adalah Bahasa Inggris. Kalau blog-nya berbahasa Indonesia, mayoritas yang akan muncul adalah iklan layanan masyarakat dari Google. Hal ini disebabkan karena masih sedikitnya pengiklan AdSense yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebenarnya, apa tujuan blogger memasang AdSense di blog-nya? Tentu untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan dari blog-nya. Khusus untuk para blogger yang menggunakan Bahasa Indonesia dalam blog-nya, tapi masih berminat untuk memasang AdSense, pertimbangkan lebih dulu pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

* Seberapa sering iklan layanan masyarakat muncul sebagai pengganti AdSense di blog Anda?

* Apakah ada yang mengklik iklan AdSense ini?

* Benarkah Anda mendapatkan penghasilan dari AdSense?

* Kalau Anda tidak mendapatkan penghasilan, apakah masih perlu iklan AdSense di blog Anda?

Kalau Anda akhirnya melihat AdSense tidak memberikan apa-apa, sementara Anda masih ingin mendapatkan penghasilan, mungkin Anda perlu mempertimbangkan cara-cara lain. Cara yang jujur tentunya, tetap berbasiskan tulisan Anda di blog, dan yang jelas bukan money game atau MLM. Syukur-syukur kalau yang Anda dapatkan adalah Rupiah, dan tidak perlu repot-repot berurusan dengan PayPal, Western Union, cek atau transfer Dollar dari luar negeri, yang biayanya besar.

Kenyataannya sekarang, belum ada model pemasangan iklan di blog Indonesia yang sukses. Namun peluang untuk mencari model yang tepat selalu ada. Berikut beberapa ide model yang sudah berjalan ataupun masih sebatas usulan.

1. Virtual Vending.

Aplikasi Virtual Vending ini lebih mirip toko mini yang dipasang seperti layaknya banner di blog Anda. Melalui aplikasi ini, pengunjung blog Anda bisa melihat barang-barang apa saja yang ditawarkan Virtual Vending langsung di blog Anda. Meski aplikasi ini sudah bisa dilihat di berbagai blog dan website, rasanya masih banyak yang perlu disempurnakan. Tapi bisa jadi, kalau konsep aplikasi ini disukai oleh banyak konsumen dan blogger, suatu saat nanti mungkin bisa memecahkan keraguan konsumen Indonesia untuk membeli barang melalui internet.

2. Menuliskan ulasan (review) sebuah produk.

Di US, cara ini dilakukan oleh brand besar untuk mempromosikan produknya dengan meminta para blogger terkemuka untuk mengulasnya. Caranya, produk tersebut dikenalkan langsung kepada para blogger, dengan harapan para blogger tersebut akan mengulas produk itu di blog-nya. Para blogger bebas menuliskan pengalaman mereka terhadap produk tersebut. Bisa jadi ulasan tersebut positif, bisa pula berupa kritikan. Intinya, tidak ada unsur paksaan materi apa yang harus dituliskan oleh para blogger. Model ini memang belum pernah ada di Indonesia. Kalau memang para blogger Indonesia tertarik akan konsep seperti ini, mungkin perlu disusun semacam advertising agency yang menjadi mediator antara klien dan blogger. Advertising agency ini juga akan menangani humas, seandainya ada ulasan para blogger yang terlalu miring dan pedas terhadap produk yang dipromosikan.

3. Pay per click iklan baris.

Begitu banyaknya iklan baris berseliweran di internet, tapi belum pernah ada yang mengadaptasikannya untuk blog. Prinsipnya mungkin bisa merupakan gabungan antara AdSense dan Virtual Vending. Setiap blog bisa menampilkan deretan iklan baris sesuai tema blog. Untuk mengembangkan aplikasi seperti AdSense dimana iklan dipasang berdasarkan kata-kata yang kontekstual jelas butuh waktu lama. Namun setidaknya, blogger bisa memilih sendiri iklan-iklan yang dipasangnya berdasarkan kategori tertentu. Setiap iklan yang diklik oleh pengunjung akan memberikan pendapatan bagi blogger sekian persen.

4. Banner.

Cara ini mungkin cara klasik. Hanya saja masalahnya, tidak banyak pemasang iklan yang tertarik untuk memasang banner di blog. Mereka lebih tertarik untuk memasang banner di portal terkemuka seperti Detik atau Kompas, yang menerima kunjungan ribuan orang setiap harinya. Padahal, ribuan blog di Indonesia memiliki potensi mengekspos iklan yang lebih luas. Namun untuk itu perlu diciptakan sistemnya terlebih dahulu. Mungkin perlu ada semacam advertising agency yang khusus mengkoordinir aktivitas ini. Setiap blogger yang tertarik bisa mendaftarkan blog-nya berikut laporan aktivitas bulanan blog tersebut. Nantinya, banner akan dipasang di blog yang sudah mendaftar, dan blogger akan dibayar berdasarkan periode penayangan banner dan jumlah pengunjung rata-rata blog. Kalau hanya ada 10 blog yang mendaftar, mungkin pemasang iklan tidak akan tertarik. Tapi bayangkan, kalau ada 100 blog dengan masing-masing blog tersebut mencapai 5.000 pengunjung unik dan 30.000 halaman dibuka setiap bulannya. Kalau ditotal, angkanya akan sangat fantastis, dan bahkan bisa menyaingi portal-portal terkemuka.

Beberapa ide ini bukan tidak mungkin diterapkan. Tapi tentunya, semuanya bergantung dari kesediaan setiap blogger. Siapa tahu kalau ide-ide ini nanti terwujud, para blogger benar-benar bisa mendapatkan penghasilan nyata dari aktivitas blog-nya.

Atau mungkin teman-teman blogger ada usulan lain?

(Sumber: http://media-ide.bajingloncat.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 comments

  1. Saya lihat di blog2 punya orang luar pun rata rata semua blog ada iklannya baik adsense maupun iklan lainnya. Nah kalau smua blog punya adsense kira2 yang ngeklik iklannya siapa yach? Soalnya cmiiw biasanya yg mbacain blog kan blogger juga,kalo mau liat iklan juga ada di blognya sendiri,walaupun ga boleh diklik ya ๐Ÿ˜€

  2. Kalau saya sih pengen blog saya http://www.jonathan-tok.blogspot.com ada iklannya. Dengan harapan bisa ngasih tambahan pemasukan. Kan lumayan. Sekarang saya pake iklan baris dari penyedia layanan di Indonesia. Yah, meskipun peluang iklan tersebut diklik gak besar, paling gak ada bagian dari blog saya yang bisa diharapkan untuk menambah pemasukan. Hehe maksa..,

  3. yoo bro..makasih info nya, kebetulan pengen banget pasang iklan di blog sendiri nich tapi yang ada $ tentunya.sayang sampai sekarang ga tau caranya padahal udah daftar sana noh Adsense teteup aja ga ngerti..

  4. Tengkiyu berat infonya ya…..buat tambah – tambah elmu nich
    jangan lupa teman – teman mampir dan minu kopi dulu di blog saya,
    http:/www.caracepatpasangiklan.blogspot.com

  5. CV. Peshona Collection bergerak di bidang distribusi dan penjualan Pakaian. Webstore ini kami tujukan bagi lembaga-lembaga pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, dan Perguruan Tinggi serta para pedagang pakaian yang memiliki toko fisik maupun tidak. Adapun Pakaian yang kami tawarkan dengan harga yang sangat kompetitif, bahkan sebagian besar produk yang dijual, oleh kami CV. Peshona Collection adalah tangan pertama yang memproduksi langsung pakaian jadi sesuai dengan pesanan custamer.

    Selain dengan hasil dan kualitas kami yang meyakinkan justru kami CV. Peshona Collection memproduksi pakaian jadi di kerjakan oleh para pakar-pakar design pakaian yang skillnya sudah tidak diragukan lagi dalam mendesign baju-baju yang dipesan oleh para pelanggan.

    Untuk itu kami mengajak kerjasama yang saling menguntungkan antara lembaga-lembaga pendidikan, para pedagang grosir maupun pedagang eceran untuk kerjasama dengan kami CV. Peshona Collection dengan harga yang sangat kompetitif dan sudah pasti efisiensif dalam sebuah pelayanan yang memuaskan itulah yang kami utamakan kepada calon customer.

    yang berminat hubungi segera di :
    Nama CV. Peshona Collection
    Alamat : Jl. Raya Jurusan Balapulang Jatibarang
    Kec. Balapulang Kab. Tegal
    kode Pos : 52464
    Telp. 085224040117, 081324412642, 088809564137, 085226660022

  6. Bosan dengan penghasilan anda yg tergolong kecil , ingin dapat uang lebih banyak, ingin beli mobil,atau ingin beli rumah mewah atau ingin menjadi MILYADER, jangan cuma MIMPI . Saatnya wujudkan impian Anda. Bergabunglah bersama kami, Ikuti petunjuknya dan lihat berapa banyak uang yang akan mengalir ke rekening anda tiap hari. Saya sudah buktikan, giliran anda mencobanya. Kunjungi web kami di http://www.gumatelindo.net
    Bergabunglah sekarang atau Anda akan menyesal kemudian. AYO BUKTIKAN !!!!!!!!!!

  7. wah mas..
    idenya mantep-mantep..
    saya juga baru memulai mengumpulkan receh-receh ni..
    paling sering si lewat review gitu..
    semoga aja ide-ide di atas bisa terealisasi semuanya ya mas..

  8. Makasih infonya.tapi saya teman 2 siapa saya yg mau pasang iklan di blog ku ..wajahbontangkaltim.blog.spot.,gratis.enggak dipungut biaya .biar rame aja hahaha.ayo buruan mumpung masih sepi

  9. KursusBikinWeb.com adalah website yang menyediakan kursus pembuatan website secara online. Semua proses belajar disajikan melalui layanan-layanan internet seperti, video streaming, chatting, e-mail, dan video tutorial.

    Dengan sistem kursus online. Tidak peduli dimanapun teman-teman tinggal, apapun pekerjaan teman-teman, teman-teman akan tetap dapat belajar membuat website langsung dari trainer yang telah berpengalaman.

    1. Jadwal belajar sangat Fleksibel karena Teman-teman sendiri yang mengaturnya.

    2. Teman-teman akan dibimbing oleh Trainer berpengalaman dibidangnya.

    3. Menghemat Waktu dan Uang karena belajar dilakukan secara online.

    4. Adanya fasilitas antara peserta dengan trainer melalui Email, Chatting, dll

    5. Materi Kursus pembuatan website online kami selalu diupdate setiap bulannya.

    6. Bisa belajar sambil menghasilkan uang.

    7. Membentuk komunitas dalam pembelajaran sehingga menambah relasi maupun pengetahuan yang lebih.

    8. Keanggotaan selama 3bulan dan dapat diperpanjang

    dan semua itu bisa temen-temen dapatkan hanya dengan biaya yang sangat murah sekali.. hanya dengan Rp. 50.000,-/3 bulan ..

    ayo..buruan daftar…!!

    http://www.KursusBikinWeb.com

  10. thanks infonya
    jangan lupa mampir d inazdejavu.blogspot.com
    dan yang mau pasang iklanb bwt menuhi bloku ,, boleh2,,, gratis

  11. Hallo,

    Nama saya Dadan Ramdani. Saya adalah seorang Traffic Broker, saya akan mencarikan beberapa sponsor/iklan bagi situs atau blog anda
    sehingga anda akan memiliki pendapatan dari sponsor/iklan tersebut. saya akan membayar anda perbulan sesuai dengan kinerja iklan yang di pasang
    pada blog anda, apakah ramai di kunjungi atau tidak. semakin banyak transaksi yang dilakukan melalui situs anda dengan cara meng klik iklan pada situs anda,
    maka semakin banyak pula keuntungan yang akan anda dapatkan. Dan anda tidak perlu membayar saya se peserpun sebagai broker anda dan mengerjakan
    banyak hal untuk saya.

    tugas anda hanyalah.

    1.Menerima Link iklan dari saya.
    2.Memasang kan link tersebut ke situs anda. (biasanya iklan berbentuk image link)
    3.Mendapatkan penghasilan perbulan sebagai imbalan atas di pasang nya iklan pada situs anda.

    sementara tugas saya adalah,

    1.Mencarikan anda beberapa pengiklan yang tertarik mengiklankan produknya pada situs anda.
    2.Mengirimkan anda link iklan yang akan di pasang pada situs anda.
    3.Memberikan anda penghasilan perbulan sebagai imbalan atas di pasang nya iklan pada situs anda.

    sangat simple dan menguntungkan anda, dan tentunya tanpa resiko apapun.

    bila anda tertarik dan ingin sesegera mungkin menghasilkan uang dari situs anda,

    segera hubungi saya via email atau E-card: profesorgila.solution@yahoo.com (Email) / https://identyme.com/profesorgila.solution (E-Card)
    *kirimkan email anda dengan subjek ‘nama anda-join’, setelah itu saya akan membalas email anda dan segera mencarikan sponsor/iklan bagi situs anda.

    #saya dapat menghapus iklan yang saya publikasikan pada situs anda kapanpun bila tidak ada perkembangan dari iklan tersebut.

News Feed