MELAPORKAN PENODAAN AGAMA

Perlakukan orang lain dengan cara yang kamu juga ingin diperlakukan begitu.

Ketidakadilan yang dihadapi dengan ketidakadilan adalah koalisi ketidakadilan.

Karena sejak semula mempertanyakan pasal penodaan agama, saya tak mendukung pelaporan siapapun terkait kasus ini.

Euforia keberpihakan politiik kadang menjerumuskan ke dalam aksi yang tanpa disadari menegasi tujuan mulia di balik keberpihakan itu.

Pasal penodaan agama perlu dihapus atau disempurnakan dengan penjelasan detail agar tidak bisa dijadikan sarana pendukung intoleransi.

Tak mendukung pelaporan penodaan agama tak berarti membenarkan perbuatan atau pernyataan orang yang dilaporkan.

Tak mendukung pelaporan penodaan agama tak berarti menolak fakta adanya pernyataan yang meremehkan agama.

Tak mendukung pelaporan penodaan agama tak berarti menolak fakta adanya pernyataan yang meremehkan agama.

Melaporkan seseorang atas penodaan agama sulit untuk tidak dianggap menerima pasal penodaan agama.

Bila setiap pendapat tentang agama yang dianggap salah oleh sebagian orang dilaporkan sebagai penodaan agama, maka yang dilaporkan bisa berjumlah ribuan atau lebih.

Bila setiap pendapat tentang agama yang dianggap salah oleh sebagian orang dilaporkan sebagai penodaan agama, maka setiap orang dan kelompok yang berbeda pandangan tentang agama bisa dilaporkan.

Bila setiap pendapat tentang agama yang dianggap salah oleh sebagian orang dilaporkan sebagai penodaan agama, maka yang terjadi adalah saling melaporkan dalam skala yang sangat luas.

Menerima pasal penodaan agama sulit untuk tidak dianggap menerima vonis bersalah atas seseorang yang punya pandangan keagamaan yang berbeda dengan sebagian orang dengan dakwaan penodaan agama.

Dalam sistem peradilan tanpa juri subjektivitas sektarian adalah pengarah utama pikiran hakim saat menjatuhkan vonis dalam kasus “penodaan agama”.

Dalam tradisi peradilan yang tunduk terhadap tekanan massa pragmatisme merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pikiran hakim saat menjatuhkan vonis dalam kasus “penodaan agama”.

Dalam tradisi peradilan tak bebas dari kepentingan politik pandangan yang cenderung fasis (meremehkan efek signifikan kelompok yang lebih kecil) sangat mungkin mempengaruhi pikiran hakim saat menjatuhkan vonis dalam kasus “penodaan agama”.

Dalam tradisi peradilan tak bebas dari kepentingan politik pandangan yang cenderung fasis (meremehkan efek signifikan kelompok yajg lebih kecil) sangat mungkin mempengaruhi pikiran hakim saat menjatuhkan vonis dalam kasus “penodaan agama”.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed