Skip to main content

Tips Membuat ‘Bajakan Orisinil’ (untuk Blogger yang kurang ide)

By December 31, 200710 Comments

plagiat3.jpg

Saya menemukan artikel menarik dan unik. Penulisnya mengajarkan cara menjadi pembajak dan peniplak yang profesional. Yang paling menarik adalah paragraf terakhir artikel ini. Silakan membajaknya .. eh… membacanya…

Blog Writing, Blogging Tips Beri Komentar

Harus diakui jika hampir setiap blogger membajak meniru karya orang lain. Bahkan banyak penulis-penulis terkenalpun meniru buku-buku yang telah terbit sebelumnya. Namun, tentu saja ada teknik-teknik yang diterapkan, permak sana-sini dan jadilah karya yang “katanya” orisinil. Andapun sebenarnya bisa meniru mereka. Dan caranyapun sangatlah guaampaangg !!

Terkadang kita ini kan belum bisa menulis karena kehabisan ide, nah makanya dalam suatu artikel pernah saya singgung agar kita banyak membaca, karena dengan banyak membaca kita akan banyak tahu dan bisa berkomentar. Dengan banyak berkomentar kita bisa banyak menulis dan semakin mahir menulis.

Tutorial kali ini adalah cara praktis membuat karya “bajakan” yang orisinil…hehehe…

Translate

Bila anda memiliki kemampuan bahasa yang cukup tinggi, maka translate adalah cara paling mudah untuk menciptakan karya orisinil. Cari artikel-artikel bahasa Inggris yang bagus lalu translate ke bahasa Indonesia. Orang Indonesia paling suka dengan artikel bahasa Inggris yang sudah diterjemahkan… 😀

Bagi anda yang sedang mendulang dollar dengan Google Adsense, translate saja artikel-artikel bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Wah, artikel anda akan bermutu dan pengunjung anda lebih internasional daripada penulis aslinya.

Bagi yang kurang dalam ilmu bahasa, bisa memakai transtool atau software penerjemah lainnya. Tapi ya itu tadi, hasilnya kurang maksimal dan susah dibaca, tapi setidaknya bisa mengundang pengunjung nyasar…hehehe….

Kritisi Orang Besar

Harus diakui jika orang besar itu sebenarnya sama juga dengan kita. Sehebat apapun menulis, tentu ada celah untuk dikritisi. Mengkritisi tulisan orang besar, akan bikin kita terkenal karena membawa namanya. Cari saja blog-blog yang punya banyak fans, yang komentarnya berjibun, lalu kritisi artikelnya. Anggap saja anda sedang berkomentar tapi di blog anda sendiri.

Untuk bisa lebih menghayati hidup sebagai kritikus, maka anda harus berani beda. Cari setiap kesalahan sekecil apapun dan blow up ke blog anda. Misalnya tentang penggunaan tanda baca, tata bahasa atau bila anda beruntung anda bisa menemukan pernyataan-pernyataannya yang bisa dijadikan senjata untuk menyerang balik.

Tapi cara ini memang butuh waktu yang lama dan ketelitian tingkat tinggi. Jadi ini hanya untuk yang benar-benar ingin karyanya orisinil tanpa perlu terlalu membajak. Cara ini hanya untuk Pembajak Profesional…

Read and Write

Cara berikutnya yang lebih mudah dari yang pertama adalah read and write. Bacalah artikel dari suatu blog yang menyajikan artikel terhangat dengan komentator yang banyak dan jika dia menyediakan fasilitas berapa kali dibaca, carilah yang cukup banyak dibaca.

Bacalah sekali dengan cepat, ambil inti-intinya dan camkan makna dari tulisanya. Setelah itu baca sekali lagi dengan lebih detail hingga anda mengerti benar-benar opini yang sedang dibangun oleh penulis. Pekerjaan ini memang perlu latihan, maka sebaiknya anda membiasakan diri untuk mengomentari setiap tulisan.

Setelah mengerti maksud si penulis, tuangkan idenya dalam artikelmu sendiri. Dengan gaya, bahasa dan aturan yang menyenangkan buat anda. Lupakan dulu soal tata bahasa, soal ejaan dll. Yang penting ide tertuang dengan sebanyak mungkin, jika perlu tambahkan juga dengan opini-opini anda.

Setelah semua tertuang, kini anda bisa memeriksa tata bahasa, ejaan dan tanda bacanya. Maka jadilah karya bajakan orisinil anda. Percaya deh, ndak akan ada yang berani nuduh anda sebagai pembajak dengan cara ini.

Kutipan + Comment

Ini adalah perpaduan antara cara pertama dan kedua. Hanya saja ini lebih mudah dan lebih cepat serta lebih menyenangkan. Bila anda sudah sering memberi komentar di blog orang lain hal ini tentu akan sangat mudah dan menyenangkan. Caranya seperti ini :

Temukan artikel yang menarik lalu copy dan paste ke lembar kerja anda. Beri judul artikel anda dengan kalimat seperti ini : “Kritikan artikel….. karya si anu” atau “Judul artikel asli (sebuah komentar)” ya kira-kira seperti itulah, silahkan cari kata-kata sendiri.

Beri pembukaan berupa komentar global anda terhadap artikel tersebut, bila anda menyetujui artikel tersebut dan menganggapnya menarik, maka berikan alasanya. Ya, satu paragraf saja sudah cukup, yang penting ketika muncul di halaman utama ndak terlalu terlihat mencolok.

Beri tag <blockquote> … </blockquote> pada setiap paragraf. Lalu sisipkan komentar-komentar anda terhadap isi paragraf tersebut. Cukup 1-3 kalimat saja tiap paragraf, maka anda telah memiliki artikel yang cukup panjang (lebih panjang dari aslinya) dan tentu saja ORISINIL… 😀

Oh iya, jangan lupa beri link ke artikel asli agar artikel anda terdeteksi oleh mesin blognya. (Kebanyakan blog terkenal kan pakai WordPress)

SEO-kan

Tingkat kesulitannya hampir sama dengan yang diatas, tapi ini akan membuat anda jauh menempati posisi teratas dibanding tulisan aslinya. Harus diakui juga biasanya penulis terkenal cenderung melupakan masalah SEO, bahkan ada yang berstatement tak perlu mengurusi SEO yang penting menulis, nanti juga akan terdeteksi mesin pencari. Hehehe… suatu statement lucu… Memang artikel akan terdeteksi, tapi hasilnya di halaman ke 100 hasil pencarian 😀

Nah, kelemahan ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya… 🙂

1. Copy paste artikelnya,

2. Cari keywordnya,

3. Ubahlah judulnya sesuai keyword,

4. Gantilah kata-kata yang kurang familiar dengan kata-kata standart yang biasa dipakai orang,

5. Tebalkan kata-kata yang jadi keyword, tambahkan keyword pada paragraf-paragraf yang lain dan bila perlu ubahlah kata-kata yang kurang search engine friendly dengan yang lebih baik dan sesuai keyword.

6. Pecah artikel jadi beberapa bagian dan beri sub judul dengan memasukkan keyword dengan memakai tag <h2>..</h2> untuk setiap pecahan artikel

7. Tambahkan gambar yang sedikit nyambung dan cantumkan parameter alt dan title sesuai dengan keyword,

8. Gunakan Google untuk mencari artikel lain dengan menggunakan keyword tersebut. Dan buatlah list Related Article di bagian paling bawah. Untuk anchor textnya gunakan keyword yang ada

9. Sisipkan link ke artikel asli pada Related Article dengan menggunakan anchor text sesuai keyword lengkap dengan parameter title.

Sekarang anda telah memiliki karya bajakan yang hampir orisinil tapi cukup memiliki rating tinggi di search engine. Dan nanti jika ada orang mencari artikel tersebut, artikel buatan anda akan lebih tinggi peringkatnya… hehehe… :

Find and Replace

Bersyukurlah kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki beragam bahasa. Bahasa Indonesia memiliki banyak kata yang sama artinya. Misalnya aku dengan saya, anda dengan engkau, dia dengan beliau, makan dengan santap, dll. Nah, kekayaan bahasa ini harus dimanfaatkan untuk sebanyak-banyaknya kesejahteraan rakyat..

Ini adalah cara paling gampang dan mudah, tapi karya anda jadinya ndak 100% orisinil. Namun, bila kata-kata yang digunakan penulis memiliki banyak sinonim, maka anda bisa mendapatkan karya yang 100% orisinil. Untuk menerapkan cara ini, gunakan word processor favorit anda. Gunakan fasilitas find and replace pada artikel yang telah kita copy. Siapkan kamus lengkap bahasa Indonesia untuk mencari sinonimnya.

Buka paragraf pertama dan mulailah menggantinya dengan kata-kata sinonimnya. Biasanya paragraf pertama cukup banyak memuat kata yang dipakai di paragraf-paragraf berikutnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat karya bajakan yang orisinil. Gunakan pada artikel-artikel milik BLOGGER CUEK. Biar mereka kapok… :

PS : Jika anda cukup cerdas, tentu anda akan menemukan banyak ide dari artikel diatas. bagaimana jika anda mencoba untuk membajak artikel ini ?? (http://www.cafeblogger.web.id/)