MENDETEKSI INTOLERANSI DARI SKRIPTUALISME
MENDETEKSI INTOLERANSI DARI SKRIPTUALISME. Andai Pemerintah mau mengkaji perspektif lain tentang Islam yang tak dikenal disini atau keburu disesatkan, mungkin antisipasi terhadap intoleransi lebih efektif sebelum membatu sebagai ekstremisme, radikalisme dan terorisme.

MENDETEKSI INTOLERANSI DARI SKRIPTUALISME

Andai Pemerintah mau mengkaji perspektif lain tentang Islam yang tak dikenal disini atau keburu disesatkan, mungkin antisipasi terhadap intoleransi lebih efektif sebelum membatu sebagai ekstremisme, radikalisme dan terorisme.

Dengan kata lain, yang perlu diidentifikasi adalah pandangan keagamaan skriptual yang melahirkan pemutlakan denotasi murni dari teks. Itulah yang menginkubasi intoleransi. Identifikasi skriptualisme merupakan aktivitas intelektual, bukan aktivitas fisikal dan bukan bagian dari tugas institusi Pemerintah secara langsung.

 

Aparat keamanan perlu diedukasi tentang anatomi pemikiran Islam dan kronologi historis munculnya pandangan ekstrem dalam tubuh umat Islam.

Bila mengkaji itu dipandang sulit, Pemerintah bisa menghadirkan beberapa orang kompeten yang selama ini tak diberi kesempatan untuk mempresentasikan perspektif ini secara komprehensif.

loading...