Metode “Suntik” Untuk Blokir You Tube

Pemerintah bertekad untuk memblokir YouTube jika film Fitna tak juga dihapus. Pengamat TI Irvan Nasrun menyarankan cara cepat dengan metode ‘suntik’.


Hal itu disampaikan Irvan dalam e-mail yang diterima detikINET, Jumat (4/4/2008). “Cara yang paling mudah untuk memblokir youtube ini adalah dengan melakukan metode BGP Inject –terhadap IP yang digunakan oleh YouTube– pada upstream provider,” ujar Irvan.


BGP (Border Gateway Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan sekelompok besar router (autonomous system) saling berbagi informasi sehingga timbul jalur (routing) yang efisien dan tidak berputar-putar. BGP biasanya digunakan antar penyelenggara jasa internet (Internet Service Provider/ISP). ‘Penyuntikan’ pada BGP dilakukan sehingga semua pihak yang memanfaatkan BGP akan mendapatkan aturan routing yang sama.


Irvan menyarankan BGP Injection dilakukan pada penyedia koneksi internasional seperti Telkom, Indosat, Excelcom (XL), serta Network Access Provider (NAP) lain. Selain itu, BGP Injection menurut Irvan perlu dilakukan pula pada Indonesia Internet Exchange (IIX) dan Open Internet Exchange Point (Open IXP).


“Apabila ini dilakukan maka sudah dapat dipastikan seluruh trafik dari Indonesia, sekitar 90%, tidak bisa mengakses YouTube lagi, dan sebaiknya dari Menkominfo mengeluarkan surat himbauan kepada operator-operator, NAP dan pengelola IIX untuk menerapkan langkah ini,” ujar Irvan.


Metode BGP Injection ini, lanjutnya, adalah yang diterapkan oleh Pakistan saat memblokir YouTube di Februari 2008. Bukan hanya efektif, ketika itu Pakistan bahkan menyebabkan matinya akses YouTube bagi 2/3 pengguna internet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed