Skip to main content

“Miss Toilette”

By March 15, 2008No Comments

Buruknya sarana toilet di bandara-bandara di Indonesia sebenarnya sudah menjadi perhatian besar pemerintah. Bahkan, istri Menbudpar Jero Wacik, Triesna, didaulat sebagai Miss Toilette.

 

Gelar sebagai Miss Toilette ini tidak diraih lewat kontes layaknya pemilihan miss-miss lainnya. Jero menuturkan, tugas utama istrinya sebagai Miss Toilet adalah untuk mengawasi dan mengevaluasi kondisi toilet di bandara-bandara di Indonesia.

 

“Tugasnya memeriksa toilet di bandara-bandara, kalau ada yang perlu diperbaiki ya diperbaiki,” ungkap Jero tanpa ditemani istrinya di sela-sela acara Dies Natalis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Setrasari, Sabtu (15/3/2008).

 

Berkaitan dengan Visit Indonesia 2008 kini memasuki bulan ketiga sejak dicanangkan Januari lalu, masalah toilet memang masuk sebagai salah satu isu penting di Departemen Budaya dan Pariwisata.

 

Menurut Jero, perbaikan toilet di bandara menjadi salah satu prioritas karena bandara merupakan tempat penyambutan pertama turis asing. “Kalau kesan pertama sudah bagus kan ke depannya juga lebih lancar. Kalau toiletnya jelek ya susah,” ujarnya.

 

Langkah ini, tutur Jero, merupakan langkah riil yang bisa dikerjakan pertama kali. Jika langkah awal sudah dikerjakan maka bisa berangkat ke perbaikan infrastuktur lainnya, seperti pembenahan objek wisata dan lainnya.( detik )